Wujudkan Smart City, Pemko Pariaman Jalin Kerjasama Dengan BNI

Rombongan BNI Padang Fhoto Bersama Dengan Kepala Dinas Kominfo Pariaman Hendri. Fhoto : Harsyi Warsilah

PARIAMAN---Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, Hendri menerima kunjungan dari BNI Padang.

Kunjungan  tersebut dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antara Pemko Pariaman dengan BNI sebelumnya, di ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman, Selasa (21/1/2020).

Kapala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri mengungkapkan, sebelumnya BNI sudah menjalin kerjasama dan Walikota Pariaman, Genius Umar sudah menandatangi MoU dengan BNI pusat di Jakarta.

"Tentu dalam kerjasama tersebut ada poin smart city, Karena Dinas Kominfo menjadi leading sektornya smart city tentu kita akan menindaklanjuti hal tersebut," ujarnya.

"Dengan BNI, kita sudah bekerjasama untuk aplikasi e-absensi yang juga dipakai untuk pembayaran Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Pemko Pariaman. Selanjutnya, kita melangkah untuk membuat Kartu Pariaman Pintar atau Pariaman Smart Card,"ulasnya

Ia juga menjelaskan  dengan kartu tersebut, nantinya diharapkan semua pelayanan yang ada di Kota Pariaman hanya memakai satu kartu yaitu kartu smart card Pariaman.

Sehingga ini akan memudahkan masyarakat dan juga akses-akses ke pemodalan di perbankan.

"Dengan adanya kerjasama ini, Kami Pemko Pariaman sangat berharap dengan dukungan BNI, sehingga ini bisa diwujudkan karena ini merupakan salah satu program unggulan dari Genius Umar dan Mardison Mahyuddin," sambungnya.

Pemimpin Bidang Pemasaran Bisnis BNI Padang, Indra Wahyu, mengatakan,  BNI sangat mensuport Pemko Pariaman untuk menjadikan Kota Pariaman salah satu kota smrt city.

Tentunya ini akan membangun Kota Pariaman lebih terfokus baik dari segi perekonomian maupun kesejahteraan masyarakat.

"Semoga implementasi menuju smart city ini bisa terwujud dengan cepat dan terkoordinasi kerjasama masing-masing pihak antara BNI dan Pemko Pariaman," ungkapnya.

Kerjasama ini menindaklanjuti kerjasama sebelumnya yang sudah ditandatangani antara direksi BNI dan Walikota Pariaman, Genius Umar. Dan ini sebagai progres detail sistem sebelumnya untuk kartu e-absensi pegawai Pemko Pariaman.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa nantinya, akan segera dibuat kartu multi fungsi yang dinamakan Pariaman Smart Card.

Di kartu tersebut, terdapat data base dari seluruh masyarakat Kota Pariaman yang terkoneksi ke Disdukcapil.

Tentunya semuanya harus ditindaklanjuti secara keseluruhan dan dilihat secara detail terlebih dahulu dan bertahap untuk bisa nantinya  menuju Kota Pariaman Smart.

"Dengan adanya kartu ini apapaun pengalokasian untuk program-program menyangkut kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman cepat terwujud dan terbantu serta penyalurannya pun tepat waktu," pungkasnya.

HARSYI WARSILAH
Diberdayakan oleh Blogger.