Lihat langsung Wisata Kota Pariaman, Dirjen Kemendagri Berdecak Kagum -->

Lihat langsung Wisata Kota Pariaman, Dirjen Kemendagri Berdecak Kagum

Selasa, 18 Februari 2020, 12.47.00

 

Kota Pariaman - Ditemani Walikota Pariaman Genius Umar, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Akmal Malik bersama Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Muchlis Hamdi saat ke Kota Pariaman kunjungi lokasi destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman, Selasa (18/2).


Destinasi-destinasi yang dikunjungi tersebut diantaranya Pantai Sunur, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Talao Pauah, Desa Wisata Tungkal  Selatan, dan Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB).


Bahkan, di STIB, Pak Dirjen tersebut juga sempat memberi makan beruk-beruk yang sedang beristirahat di rumah beruk di kawasan STIB, Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.


Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Akmal Malik, sangat takjub akan perubahan-perubahan yang terjadi di Kota Pariaman, khususnya bidang kepariwisataan dan lokasi kuliner-kuliner khas Kota Pariaman.


" Kurang lebih lima tahun lalu saya ke Kota Pariaman, belum secantik ini Kota Pariaman di kala itu. Bahkan Los Lambuang sebagai pusat kuliner khas Kota Pariaman, dalam satu tahun lebih kepemimpinan Walikotanya Genius Umar terlihat semakin tacelak, bersih dan nyaman," ungkap Akmal Malik.


Tentunya, kalau walikotanya tidak handal dan jenius, tak akan mampu membuat secara inovatif seperti ini. Hal tersebut dikarenakan dana APBD Kota Pariaman itu terbatas. Dan beruntunglah kota Pariaman punya Walikota yang jago nyari uang ke Pemerintah Pusat untuk membangun Kota Pariaman. Karena faktor keberhasilan sebuah daerah itu adalah kuncinya di leadernya, yakni Kepala Daerahnya," imbuhnya lagi.


Terlebih lagi saat berada di STIB Desa Apar. Tempat yang viral di media sosial tersebut menjadi inovasi terhandal dalam kemajuan Kota Pariaman. Dimana hal tersebut belum pernah ada di Pariaman.


" Apalagi, yang menjadi daya tariknya, di STIB juga ada kurikulum pelajaran si Beruk dalam belajar memetik kelapa. Sungguh menjadi sebuah hiburan yang sangat menyenangkan dan membuat kita untuk datang lagi ke Kota Pariaman ini," tambah Akmal saat berada di STIB.


Pihaknya, akan laporkan secara langsung kepada Mendagri Tito Karnavian atas kemajuan pembangunan Kota Pariaman yang luar biasa itu.


Sebab, ujarnya lagi, Mendagri Tito Karnavian, yang sangat menyukai pemimpin-pemimpin daerah yang berkualitas dan berkuantitas. Kemendagri siap untuk memberikan dukungan, fasilitas, regulasi dan sebagainya sebagai bentuk fasilitasi kepada kepala daearah yang mau berinovasi, kreatif. ( KL)

TerPopuler