Pemko Pariaman Canangkan Timbangan Massal Bagi Balita

Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Disambut Siriah Dalam Carano.

PARIAMAN---Memperingati Hari Gizi ke-60 di Kota Pariaman , Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kesehatan melakukan pencanangan timbangan massal dan pemberian vitamin A tingkat Kota Pariaman Rabu (12/2) bertempat di Desa Kampung Apa Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman .

Acara yang dimulai pukul 10.00 Wib ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Pariaman  Mardison Mahyuddin.

Dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada semua undangan yang telah hadir pada acara ini dan dengan semangat membawa anak - anaknya untuk.mengikuti timbangan massal dan memberikan Vitamin A demi kesehatan anak tercinta.

“Pada hari ini kita mencanangkan penimbangan massal dan pemberian vitamin A kepada semua balita di Kota Pariaman. Perkembangan kondisi kesehatan gizi balita penting untuk dipantau, salah satunya dengan menimbang balita secara rutin ke Posyandu terdekat. Pemantauan status gizi juga bertujuan mengurangi jumlah anak yang kurang gizi serta mencegah secara dini kematian seorang balita, “ ungkapnya.

Penimbangan massal dan pemberian vitamin A dilaksanakan dengan tujuan agar semua anak – anak di Kota Pariaman bisa terbebas dari stunting dan menjadi anak yang sehat, cerdas, berkualitas dan genius  dan pada akhirnya bisa mendapatkan generasi lebih berkualitas yang akan turut menentukan perbaikan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di masa yang akan datang.

“Untuk mewujudkan semua itu, salah satu caranya adalah dengan melakukan penimbangan setiap bulannya di Posyandu berguna untuk melihat perkembangan berat badan balita yang dapat dilihat pada KMS masing-masing balita dan pemberian vitamin yang rutin pada jadwal yang ditentukan, “ tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Syahrul mengatakan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Wakil Presiden pada rapat pleno Bulan November Tahun 2019 lalu bahwa upaya percepatan penurunan prevalensi anak kerdil (stunting) adalah merupakan prioritas pemerintah.

“Berdasarkan rapat pleno tersebut maka kami Dinas Kesehatan mencanangkan penimbagan massal dan pemberian vitamin A. Penimbangan merupakan salah satu upaya yang memantau tumbuh kembang anak sehingga diketahui status gizinya, “ ungkapnya.

Tujuan kegiatan ini adalah mencanangkan kegiatan penimbangan massal yang dilaksanakan 2 (dua) kali setahun yaitu pada Bulan Februari dan Agustus.

Dalam penimbangan massal ini dapat diketahui apakah bayi dan balita tumbuh sehat, mengetahui dan mencegah gangguan pertumbuhan salah satunya stunting, mengetahui ballita sakit dan kelengkapan imunisasi dan penyuluhan gizi.

Pencanangan ini ditandai dengan pelepasan balon dan dilanjutkan dengan melihat langsung seperti apa proses penimbangan massal dan pemberian vitam A kepada balita.(Dewi Lestari/Harsy)



Diberdayakan oleh Blogger.