Cegah Penyebaran Covid-19, Wako Pariaman Bersama Kemenag Pimpin Gerakan Thaharah Masjid

Cegah Penyebaran Covid-19, Wako Pariaman Bersama Kemenag Pimpin Gerakan Thaharah Masjid

Sabtu, 21 Maret 2020, 23.03.00

PARIAMAN---Untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19), Walikota Pariaman Genius Umar bersama dengan Kepala Kantor Kemenag Kota Pariaman M. Nur, membuat gerakan Thaharah Mesjid di Kota Pariaman

Untuk  pertama kali ini diadakan di Mesjid Raya Mukhlisin Desa Kajai, Kecamatan Pariaman Timur, Sabtu (21/3/2020).

Kegiatan ini juga diikuti oleh instansi vertical diantaranya Kepolisian yang langsung dipimpin oleh Kapolres Pariaman AKBP Andri Kurniawan dan jajaran.

TNI yang dipimpin Danramil Kota Pariaman Mayor Irwan dan jajaran, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Plh Sekdako Pariaman Fadli, Kadis Pol PP & Damkar Elvis Candra dan jajaran.


Kalaksa BPBD Kota Pariaman Azman dan jajaran, Kadis Kesehatan Syahrul dan jajaran, Inspektur Yota Balad, jajaan Kemenag Kota Pariaman dan beberapa Kepala OPD serta masyarakat sekitar yang hadir.

Thaharah menurut bahasa berarti bersuci. Menurut syara’ atau istilah adalah membersihkan diri, pakaian, tempat, dan benda-benda lain dari najis dan hadas menurut cara-cara yang ditentukan oleh syariat islam.

“Dengan semakin merebaknya virus corona di berbagai daerah di Indonesia, kita harus bisa membentengi diri kita dan daerah kita, agar virus corona ini tidak ada di Kota Pariaman khusunya, dan Sumatera Barat umunya,” ujarnya.

“Kita hari ini melaksanakan program Thaharah Mesjid yang digagas oleh Kakan Kemenag Kota Pariaman, dan kita Pemerintah dan Forkopimda Kompak selalu untuk mendukung hal tersebut, terlebih lagi dengan wabah virus corona ini, dengan kegiatan bersih-bersih ini dan juga menyemprotkan desinfektan, kita berharap Mesjid yang ada di Kota Pariaman dapat terbebas dari ancaman penyebaran COVID-19 ini,” tukasnya lebih lanjut.

Program Thaharah ini akan terus  dilaksanakan, dan nantinya akan mencakup seluruh mesjid yang ada di Kota Pariaman, dimana nanti akan dikoordinir dimana mesjid yang akan dibersihkan oleh Camat masing-masing.

“Virus Corona ini tidak akan menyebar di lingkungan yang bersih, karena itu, mari kita bersihkan rumah kita, tempat ibadah kita, kantor kita dan lingkungan dimana kita tinggal, karena sesuai dengan hadist ‘An-Nadhafatu Minal Iman’, yang artinya bahwa Kebersihan itu adalah sebagian dari Iman, untuk itu mari kita jaga kebersihan kita, yang akhirnya menghindarkan kita dari COVID-19 ini,”ulasnya. (J/Harsy)


TerPopuler