Ponpes MTI Batang Kabung Akan Dirikan Ma'had Aly Syekh Haji Salif Tuanku Sutan

Ponpes MTI Batang Kabung Akan Dirikan Ma'had Aly Syekh Haji Salif Tuanku Sutan

Sabtu, 28 Maret 2020, 11.28.00

PADANG---Pondok Pesantren  Madrasah Tarbiyah Islimiyah (PPMTI) Batang Kabung Kota Padang, bakal dirikan Ma’had Aly Syekh Haji Salif Tuanku Sutan.

Ide dan renca ini dipaparkan Prof. Dr. Duski Samad, M. Ag, Tuanku Mudo, Jum;at (20/3/2020) di sirau Anjuang Syekh Idris Tuanku Mudo.

Menurut Duski Samad, PPMTI Batang Kabung telah berusia 65 tahun didirikan sejak 1955. Potensi dan kiprah perjuangan PPMTI dalam pergerakan dan pengisian kemerdekaan, memperkuat pendidikan Islam, melahirkan ulama dan membina masyarakat, telah melahirkan ribuan alumni yang punya prediket ulama.

Ditambahkan Duski Samad, Peraturan Menteri Agma PMA Nomor 71 tahun 2015, tentang Ma’had Aly sebagai perguruan tinggi keagamaan Islam yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam bidang penguasaan ilmu agama Islam (tafaqquh fiddin) berbasis kitab kuning yang diselenggarakan oleh pondok pesantren.

Program studi  Takhasus, disiplin ilmu yang diajukan adalah Tasawuf dan Tarekat. Disain Akademik, perkuliahan tutorial dan diskusi, pelaatihan, dan praktek tarekat di Ma’had Aly.

Kemudian magang dam kuliah kerja lapangan pengembangan dan magang pada instansi, dinas perusahaan dan lembaga umat.

Lokasi dan dukungan tenaga professional, Ma’had Aly Syekh Hajis Salif Tuanku Sutan, berada di lingkungan PPMTI di tengah Kota Padang dengan jarak 15 kilo meter dari pusat Kota Padang, didukung Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, UNP, Unand dan lembaga lainnya.

Calon Santri. Kini santri mukim 355 orang, santri kalong (tidak mukim) 405 orang jumlah santri 760 orang. Sarana dan prasarana ada 4 kampus yang terletak berdekatan. Dukungan alumni dan masyarakat, alumni sudah  di nusantara tergabung dalam ikatan PPMTI.

Setelah itu adanya dukungan Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang, Pemerintah Daera Kota Padang dan Sumatera Barat, untuk menjadi pusat gerakan dakwah, ICT Islam Moderat, santun  rahmatan lil alamiin, yang terkoodinir.

Buya Haji Idris Tuanku Mudo selaku khalifah dari Buya Syekh Haji Tuanku Sutan, menyambut baik ide pendirian Ma’had Aly dalam lingkungan PMMTI Batang Kabung. Menurut Buya Idris, sudah  patut dan pantas melihat  dukungan dari berbagai pihak.

“Saya sangan sangat mendukung ide yang disampaikan Prof. Dr. H. Duski Samad, M. Ag, Tuanku Mudo. Semoga ide ini tercapai dengan baik dan berjalan dengan sukses,” ujar  Buya Idris yang diamini ole alumni lainnya. (tka) 

TerPopuler