Rakor Bakohumas Sumbar : Humas Pemerintah Diharapkan Berperan Aktif Sukseskan Pilkada 2020

Rakor Bakohumas Sumbar : Humas Pemerintah Diharapkan Berperan Aktif Sukseskan Pilkada 2020

Kamis, 05 Maret 2020, 18.20.00
Rakor Kehumasan Yang Digelar Pemerintah Propinsi Sumatera Barat, Kamis 5 Maret 2020. Fhoto : Anton Wira Tanjung

PADANG---Gubernur Sumbar Irwan Prayitno minta Humas Pemerintah perlu mengatur dan penempatan dirinya dalam menghadapi kontestasi pilkada 2020.

" Hal ini perlu saya sampaikan karena banyaknya aturan perundangan yang mengatur netralitas ASN/TNI/Polri," kata Gubernur Irwan ketika membuka Rapat Koordinasi Pemerintah, Kamis (05/03/2020), Bukit Lampu Convention Hall Padang.

Menurut Gubernur,  Humas pemerintah harus dapat menciptakan kedamaian dan kesejukan dalam menyampaikan informasi.

Sedangkan Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Supratman mengatakan, ada empat poin penting yang perlu diantisipasi pertama, Berita Hoax/berita bohong.

Kedua, berita Sara yaitu berita memecah belah suku, agama dan Ras.

Ketiga, Politisasi Agama, yaitu menggunakan jargon jargon membangkitkan primordialisme Agama dalam kontestasi pilkada.

Keempat, intimidasi yaitu melakukan tindakan menakuti masyarakat dengan isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu Budi S Sudarmadi Direktur Fasilitasi Kepala Daerah Direktorat jenderal Otonomi daerah Kementerian Dalam Negeri yang bertindak sebagai pembicara mengatakan,   humas pemerintah memiliki fungsi, sebagai garda terdepan dalam menyukseskan Pilkada yang aman dan damai.

Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Padang Pariaman Anton Wira Tanjung Mengikuti Rakor tersebut. Fhoto : Dok

Kemudian humas pemerintah dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk memilih pemimpin yang terbaik untuk daerah.

" Yang tidak kalah pentingnya bagaimana  partisipasi pemilih semakin meningkat serta menjamin hak konstitusional rakyat," ulasnya

Kepala Biro Humas Sekda Propinsi Sumbar Jasman Rizal menyebutkan, Rakor Kehumasan Propinsi Sumatera Barat mengangkat tema " Peran Humas Pemerintah Dalam Rangka Menciptakan Pilkada Yang Aman dan Damai"

" Rakor tersebut diikuti Kabag Humas Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumatera Barat," tambahnya.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokol Pemkab Padang Pariaman mengatakan, rakor ini sangat bermanfaat dalam rangka menghadapi Pilkada serentak tahun 2020.

"Humas diharapkan akan terlibat aktif dalam dalam menyukseskan Pilkada serentak tahun 2020 terutama dalam mengajak partisipasi pemilih," ulasnya. (rel)


TerPopuler