Walikota Buka RAT KPRI Pendakar -->

Walikota Buka RAT KPRI Pendakar

Minggu, 29 Maret 2020, 23.09.00

 


PARIAMAN---Untuk meningkatkan kinerja dan akuntabilitas koperasi, Koperasi Pegawai Reublik Indonesia (KPRI) Pendidikan Dasar dan Karyawan (Pendakar) Kota Pariaman menggelar Rapat Anggota Tahunan Tahun Buku 2019 yang dilaksanakan di Gedung Saiyo Sakato, Sabtu (29/2).


Acara dibuka langsung oleh Walikota Pariaman Genius Umar dihadiri oleh seluruh Guru SMP, SD, TK dan karyawan serta Pengawas di Kota Pariaman. 


Dalam sambutannya Genius mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus dan anggota koperasi Pendakar yang telah berhasil membina koperasi pendakar ini dan yang telah bekerja dengan penuh semangat serta dedikasi yang tinggi dalam menjalankan koperasi ini.


“Rapat Anggota Tahunan mempunyai arti yang cukup strategis dalam pengembangan Koperasi ke arah yang lebih baik lagi, karena dalam rapat anggota tahunan ini akan membahas laporan pertanggung jawaban pengurus dan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja Koperasi.


Pertanggungjawaban ini penting dilakukan untuk mengukur kinerja pengurus serta mengevaluasi seluruh program dan kegiatan agar pada masa-masa mendatang kinerja Koperasi dapat diperbaiki dan lebih disempurnakan lagi, “ ungkapnya.


Sementara itu Ketua KPRI Pendakar Redawati mengatakan bahwa sampai saat ini anggota KPRI Pendakar berjumlah 412 orang. Tujuan daripada kegiatan Rapat Anggota Tahunan Koperasi Pendakar ialah untuk bersilaturahmi bersama anggota koperasi, serta menjadikan wadah anggota untuk menyampaikan pendapat, usul, saran dan pertanyaan yang bemanfaat bagi perkembangan dan kemajuan Koperasi Pendakar ini.


“Selain itu juga didalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan ini akan ada beberapa agenda kegiatan, Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban dari pengurus kepada seluruh anggota atas kinerja selama satu tahun buku 2019, kemudian akan menyampaikan dan mengesahkan rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan belanja untuk ditahun 2020”, ungkapnya.


RAT merupakan sendi utama penggerak koperasi dan sebagai indikasi sehatnya suatu koperasi dalam instansi, karena terdapat laporan pertanggungjawaban pengurus, rencana program kerja dan anggaran kedepannya serta belanja koperasi di tahun berikutnya. 


Pertanggungjawaban pengurus koperasi sebagai alat ukur kinerja pengurus juga evaluasi seluruh program kerja dan anggaran agar di masa mendatang dapat lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan anggota koperasi.


Melalui RAT ini diharapkan  akan muncul gagasan atau masukan dari para anggota koperasi untuk mengembangkan peran dan fungsi koperasi, sehingga tidak saja melakukan kegiatan simpan pinjam dan usaha yang berbentuk barang, akan tetapi mampu melakukan usaha lain seperti jasa dan lainnya. 

Dengan demikian Koperasi Pendakar akan dapat menampilkan sosok koperasi yang serba guna, dan mandiri. ( KL)

TerPopuler