Awal Mei 2020, Pemko Pariaman Akan Kucurkan Bansos dan JPS Kepada Masyarakat Terdampak COVID-19 -->

Awal Mei 2020, Pemko Pariaman Akan Kucurkan Bansos dan JPS Kepada Masyarakat Terdampak COVID-19

Rabu, 29 April 2020, 21.40.00

PARIAMAN---Awal Mei Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman kucurkan Bansos (Bantuan Sosial) JPS (Jaring Pengaman Sosial) terhadap masyarakat yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Hal ini disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar ketika memimpin rapat finalisasi masyarakat penerima bantuan sosial, yang dihadiri seluruh stakholder terkait, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (29/4/2020).

"Kita sudah melakukan beberapa kali rapat untuk membuat siapa saja masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial ini, dan hari ini sudah clear,  nama-nama masyarakat by name by adress ini penerima bansos ini, dan kita serahkan ke pihak penyalur bansos, seperti Pos Indonesia, BNI dan BRI," ujarnya.

Genius Umar juga mengharapkan kepada Camat dan Kepala Desa, agar data penerima masyarakat di daerahnya yang akan menerima bansos ini, dapat ditempelkan di kantor camat dan kantor desa.

Baik itu, penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), BLT (Bantuan Langsung Tunai) mulai dari Kemensos, BLT Provinsi, BLT Kota Pariaman dan BLT dari Dana Desa.

"Dengan adanya data yang sudah ada ini, kita tidak menginginkan masyarakat yang penerima bantuan hanya itu-itu saja, sehingga masyarakat penerima dapat merata, karena mereka yang telah terdata mendapatkan bantuan PKH, mereka tidak berhak lagi menerima bantuan BLT yang lain," tukasnya.

"Hari ini kita sudah menyerahkan data masyarakat penerima bansos kepada pihak perbankan, dimana untuk PKH dan BLT Kemensos disalurkan oleh Pos Indonesia, dimana untuk Pos indonesia, penyaluran diantar kerumah, BLT Pemko Pariaman, disalurkan oleh BRI, dimana selain di ATM dan kantor BRI, juga dapat diambil di agen-agen BRI, dan terakhir BLT Desa oleh BNI, dapat dicairkan di kantor dan ATM, dan nanti akan bekerjasama dengan BUMDES yang ada," jelas Genius.

Sebanyak 20.060 KK (Kartu Keluarga) dari total 25.486 KK yang ada di Kota Pariaman, akan terima bantuan. Dengan rincian Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 2.220 KK, Sembako sebanyak 1.004 KK, BLT Kemensos 4.800 KK dan BLT Provinsi Sumbar 2.142 KK maka total keseluruhan ada 10.166 KK.

"Sedangkan dari APBD Kota Pariaman dan Dana Desa sebanyak 9.894 KK, dengan rincian dari Desa 4.600 KK, dari Kota Pariaman 5.294 KK, yang akan menerima Bansos bagi masyarakat penerima bantuan terdampak Covid-19 di Kota Pariaman," tutupnya.

Hadir juga Perwakilan PT Pos Indonesia cabang Pariaman, Kepala Kantor Cabang BRI Pariaman, dan Perwakilan BNI Pariaman, dimana pada kesempatan ini, Walikota Pariaman Genius Umar, menyerahkan data by name by adress penerima Bansos masyarakat Kota Pariaman kepada mereka. (J/Harsy)

TerPopuler