Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Pimpin Vidcon Dengan Mendagri Tito Karnavian -->

Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin Pimpin Vidcon Dengan Mendagri Tito Karnavian

Jumat, 29 Mei 2020, 19.27.00
Vidcon Wawako Pariaman Dengan Mendagri Tito Karnavia. Fhoto : Desi

PARIAMAN---Video Conference (vidcon) tentang “Lomba Inovasi Daerah Dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif  Dan Aman Covid-19”, diselenggarakan di ruang rapat walikota Pariaman Jumat (29/5/2020).

Vicon tersebut, dan dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan didampingi oleh Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah, Matheos Tan.

Vidcon di ikuti oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, Plt.Sekda Kota Pariaman, Asisten I, dan juga Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman.

Dalam vidcon tersebut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri, akan mengadakan lomba inovasi untuk pemerintah daerah dalam mendorong aktivitas kehidupan masyarakat, di tengah berlangsungnya pandemi covid-19 ini, atau yang akan kita sebut dengan kehidupan normal yang baru (new normal).

Matheos sebutkan dalam vidcon tersebut, lomba ini diadakan untuk mendorong langkah pemangku kepentingan yang belum menerapkan aturan agar segera berinovasi dan beradaptasi menuju ke kehidupan new normal. Selain itu lomba ini juga ditujukan untuk menilai pencegahan covid-19 melalui protokol yang dibuat oleh pemerintah daerah.

Untuk peserta lomba terdiri dari seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten/kota, termasuk daerah tertinggal atau perbatasan, terang Kepala Pusat Litbang Inovasi Daerah.

Matheos Tan juga menjelaskan, pada tanggal 5 Juni 2020 Mendagri secara langsung akan mensosialisasikan lomba ini kepada para pemerintah daerah melalui vidcon.

Rencananya lomba ini akan dimulai pada tanggal 8 Juni 2020 dan diumumkan pada tanggal 28 Juni 2020.

Untuk lomba inovasi daerah yang dinilai terdiri dari 7 kategori dengan pengelolaan yang menggunakan protokol kesehatan covid-19 yaitu, pengelolaan pasar tradisional, mall, sekolah, restoran, hotel, tempat wisata, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Bagi daerah yang ingin mengikuti lomba inovasi daerah harus mengikuti ketentuan lomba yang sudah ditentukan yaitu, Lomba diikuti oleh Pemda Provinsi, Kab/Kota seluruh Indonesia, Lomba tidak dipungut biaya, Video dikirim ke https://indeks.inovasi.litbang.kemendagri.go.id.

Merupakan karya asli (original) dan tidak melanggar hak cipta, tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, dan pornografi, karya belum pernah dipublikasikan, belum pernah disertakan pada lomba sejenis dan tidak sedang disertakan pada lomba lainnya.

Durasi video maksimal 1,5 menit, Format video minimal dalam bentuk MP4, Wajib mencantumkan logo daerah dan logo Kemendagri, Video dikirim paling lambat tanggal 8 Juni 2020.

Video menjadi hak milik panitia, Keputusan tim penilai tidak dapat diganggu gugat, Publikasi dilakukan setelah diumumkan pemenang, Pemenang lomba dapat dilihat pada website Kemendagri setelah diumumkan secara resmi.

Adapun tim penilai, terdiri dari berbagai pihak, di antaranya Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Semoga dengan akan diberlakukannya kehidupan new normal di berbagai sektor oleh pemerintah daerah ditengah-tengah masyarakat, akan bisa merobah perilaku masyarakat kearah yang lebih baik lagi di segala bidang.

Khususnya dalam peningkatan ekonomi masyarakat, dengan new normal paling tidak kita harus bisa melindungi diri kita sendiri dan orang-orang disekitar kita dari covid-19 ini dengan mematuhi semua protokol kesehatan yang berlaku. (Desi/Harsy)

TerPopuler