Lima Belas Tahun Pecah, Akhirnya Nahkhodo Rajo Disatukan -->

Lima Belas Tahun Pecah, Akhirnya Nahkhodo Rajo Disatukan

Sabtu, 08 Agustus 2020, 23.24.00

PASAMAN BARAT---Lima Belas Tahun Pecah, Nahkhodo Rajo disatukan kembali di Mandiangin.
Saayun,Saiyo,Satujuan Malalah Sakali Nampak Baranjua Sakali Suruik Untuk Menata Mandiangin Kedepan.

Acara syukuran tersebut digelar masyarakat jorong Mandiangin Kecamatan Kinali, Pasaman Barat, Minggu (08/08/2020), di Masjid Nurul Huda

Tampak hadir pada syukuran tersebut
para pucuk adat ,nahkhodo rajo sebagai pemangku adat tertinggi di adat desa, juga turut serta jorong mandiangin dan ninik mamak alim ulama cerdik pandai desa mandiangin .

Kegiatan tersebut juga diisi dengan siraman rohani dengan penceramah Imam Katik Desa Mandiangin,  pementasan seni serta deklarasi , masyarakat.

" Alhamdulillah dan puji syukur kehadiran allah SWT, di karenakan bersatu nya Nahkhodo rajo yang telah semaraut akhir nya telah sepakat untuk bersatu. Lima belas tahun bukan waktu nya sedikit," ujar Endang Saputra

Hadirnya dukungan dari masyarakat rantau , dan ada beberapa perwakilan nya salah satu Endi Susanto menyampaikan mengaku sangat bahagia.

" Kami dirantau mendapat kabar bahwa di desa kami telah ada perdamaian dan telah di tetapkannya Nurul Hidayat sebagai pemegang gelar "nahkhodo rajo" di desa Mandiangin yang kami cintai ini," ulas Endi Susanto.

"Alhamdulillah pengalangan dana yang kami lakukan di ikatan anak rantau desa Mandiangin telah mencukupi pendanaan acara ini," tambah Endi Susanto

Acara dilaksanakan di tengah-tengah perdesaan jorong Mandiangin dan di ramaikan oleh masyarakat dengan hiburan tarian adat persembahan di iringi alat musik tradisional "tambua jo gandang lasuang".

Selain itu masyarakat juga sadar akan protokoler kesehatan Covid-19 ditengah New Normal dengan menggunakan masker dan selalu jaga jarak .

Dengan adanya kegiatan ini , nahkhodo rajo menyampaikan keinginannya untuk memajukan masyarakat desa kejorongan Mandiangin dengan iklas dan tanpa kepentingan politik .

Ketua Pemuda Jorong Mandiangin berharap Jorong Mandiangin mendapat perhatian pemerintah. Karena masih sangat terisolir. Saat ini yang sangat dibutuhkan akses jalan nelayan (Robi Irwan)

TerPopuler