Lolos Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, Agus-Rommy Mantapkan Diri Maju Pilkada Pasbar -->

Lolos Verifikasi Faktual Calon Perseorangan, Agus-Rommy Mantapkan Diri Maju Pilkada Pasbar

Jumat, 21 Agustus 2020, 19.58.00
Agus-Rommy Dinyatakan Lolos Verfikasi Faktual Calon Perseorangan Calon Bupati Pasaman Barat. Fhoto : Robi Irwan

PASAMAN BARAT--- Perjuangan selama ini dari jalur perseorangan membuah kan hasil yang positif Agus Susanto Calon Bupati dan wakil Bupati, dan Rommy Candra resmi lolos dari proses verifikasi untuk Pilkada tahun 2020, dengan syarat dukungan 24.434.

Ketua KPU Pasaman Barat Alharis Jum'at (21/08/2020) di  Hotel Guchi, Simpang Empat mengatakan, syarat dukungan Agus-Rommy yang memenuhi syarat berjumlah 24.434 dukungan, melebihi syarat yang ditentukan yakni 21.312 dukungan.

Melalui rapat pleno tingkat KPU Pasaman Barat, total dukungan tahap perbaikan memenuhi syarat sebanyak 10.548 dari syarat dukungan perbaikan yang diserahkan sebanyak 27.188.

Sedangkan jumlah dukungan sebelum perbaikan pada tahap awal yang memenuhi sebanyak 13.886, dari syarat dukungan tahap awal yang diserahkan sebanyak 25.088.

"Total syarat dukungan bakal calon pasangan calon Agus Susanto-Rommy Candra yang memenuhi syarat sebanyak 24.434. Ini sudah final," ulasnya

Dengan melebihi dari syarat minimal dukungan yang ditentukan oleh KPU Pasaman Barat maka pasangan Agus-Rommy dapat mengikuti tahap selanjutnya.

Baik calon independen maupun dari jalur partai politik bisa mengikuti pendaftaran calon peserta Pilkada Pasaman Barat pada tanggal 4 September sampai 6 September 2020.

Pada tahap pendaftaran mendatang dijelaskan Alharis, bakal calon kepala daerah diwajibkan memenuhi persyaratan saat mendaftarkan diri ke KPU. Syarat sudah lengkap ketika mendaftar.

Jika syarat tidak terpenuhi, maka bakal calon tidak bisa mengikuti tahapan selanjutnya. Sebaliknya, jika syarat terpenuhi, bakal calon dapat mengikuti tahap verifikasi.

"Tahap pendaftaran pencalonan pasangan pada tanggal 4 September sampai 6 September 2020, syarat harus sudah lengkap saat mendaftar," jelasnya.

Kemudian ia menerangkan ketika statusnya memenuhi syarat maka lanjut tahap selanjutnya, seperti verifikasi administrasi, pemeriksaan kesehatan dan seterusnya.

Pantauan Bangun Piaman.com , dari jalur partai ada muncul empat pasangan bakal calon, yakni Yulianto-Syafrial, Hamsuardi-Risnawanto, Meryanto-Yulisman dan Erick Hariyona-Syawal Suro.

Dengan lolosnya Agus-Rommy, maka Pilkada Pasaman Barat akan muncul lima pasangan calon. Agus-Rommy yang memiliki latar belakang politisi dan polri. Hal ini merupakan sejarah baru di kancah perpolitikan Pasaman Barat. ( Robi Irwan)

TerPopuler