Masyarakat Batang Gasan Bergotong-Royong Perbaiki Jalan Longsor

Suasana Gotong-Royong Bersama Masyarakat

BATANG GASAN---Akibat hujan pada bulan Juli 2020 lalu, masyarakat Nagari Malai V Suku gotong royong dengan Komunitas Batang Gasan Peduli memperbaiki badan jalan yang terputus akibat derasnya hujan, di Kampung Tangah Sungai Sariak Malai V Suku, Sabtu, (08/08/2020) kemarin.


Kegiatan Gotong Royong itu juga di ikuti oleh Anggota DPRD Padang Pariaman, Raman Rizal,  Harpianda,SH kemudian juga turut menyumbang enam ratus buah lebih karung dan juga dua mobil truk pasir dari  Kepala Dinas Pendidikan Padang Pariaman Drs.Rahmang.


Beruntung, masyarakat Batang Gasan memiliki pemuda yang kompak yang selalu berbakti kepada tanah kelahirannya, mereka selalu berusaha menyelesaikan permasalahan warga dengan cepat.

Usaha itu pun berjalan sangat baik dan cepat. Alhasil, warga tidak terlalu lama dipusingkan kesulitan akses, karena jalan dan jembatan sudah terbenahi.

Penulis sangat senang telah lahir dan tumbuh sebagai pemuda di Batang Gasan. Sehingga, penulis dapat terlibat langsung dengan kekompakan dan kepedulian mereka.

Penulis benar-benar merasakan bahwa anak nagari adalah pagar nagari.

Menurut penulis, pemuda di Batang Gasan ini juga wujud nyata kepribadian masyarakat Piaman. Yakni menyelesaikan segala permasalahan bersama-sama. Mereka bergotong royong dengan tenaga, lalu badoncek menggunakan finansialnya.


Jadi, penulis menilai, banyak hikmah yang dapat diambil dari kekompakan masyarakat Batang Gasan yang selalu bersinergi. Terlebih dari kalangan pemudanya. Mereka mampu menampik penilaian negatif tentang pemuda.

Memang, realita kehidupan mayoritas kalangan muda saat ini, belum sepenuhnya aktif berkegiatan positif. Masih ada yang sibuk huru-hara dan tak acuh sedikit pun dengan kondisi nagarinya. Padahal, keberadaan mereka sangat dibutuhkan oleh nagari.

Untuk itu, penulis menyarankan kepada kalangan muda atau sebanya penulis, agar memulai hijrah ke arah yang lebih baik untuk mengharumkan nama nagari. Baik dengan tenaga ataupun pikiran.

Dengan demikian, insya Allah ke depan kita bisa memajukan dan mengharumkan nama nagari secara bersama-sama. Lebih luas lagi dan sebagai contoh di padang pariaman nantinya. Salam kompak masyarakat Batang Gasan.  (Indra Gunawan)




Diberdayakan oleh Blogger.