Walikota Pariaman Bagikan Aneka Bibit Untuk Dawisma -->

Walikota Pariaman Bagikan Aneka Bibit Untuk Dawisma

Rabu, 23 September 2020, 10.04.00
Walikota Pariaman Bagikan Bibit Kepada Kelompok Dasa Wisma Se Kota Pariaman. 

PARIAMAN---Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPP) Kota Pariaman memberikan bantuan bibit untuk dasawisma se Kota Pariaman.

Bantuan diserahkan langsung oleh Walikota Pariaman genius Umar, Ketua PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius dan didampini oleh Kepala DPPP Kota Pariaman Dasril yang bertempat di Pendopo Walikota Pariaman hari ini Selasa (22/09/2020).

“Hari ini kita membagikan bantuan aneka bibit kedasawisma yang ada di Kota Pariaman. Ini bertujuan agar halaman pekarangan yang dimiliki oleh masing - masing ketua dasawisma bisa dimanfaatkan untuk menanami tanaman yang bermanfaat bagi kebutuhan keluarga. Sehingga dapat menekan biaya pengeluaran keluarga serta meningkatkan kesejahteraan keluarga apalagi dimasa pandemi covid-19, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Dasawisma merupakan salah satu kader yang mempunyai peranan yang sangat penting didesa. Dasawisma yang terdiri dari 10 - 20 kelompok rumah tangga yang telah dibina oleh pemerintah, sebenarnya juga membantu keberhasilan kerja pemerintah khususnya di Kota Pariaman.

“ Keberhasilan dasawisma merupakan keberhasilan pemerintah juga. Apalagi dimasa pandemi covid. Kami Pemerintah Kota Pariaman pada masa ini lebih menggerakkan sektor perekonomian salah satunya yakni memberikan bantuan bibit yang nantinya bisa digunakan bersama anggota dan bisa juga menghasilkan uang. Kita sehat karena berkebun, dan ekonomi kita pun berjalan dengan hasil kebunnya yang bisa dijual, “ tambahnya.

Dalam hal ini Genius juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian yang senantiasa dengan sabar mendampingi, membimbing dan membina para kader dalam bercocok tanam. Sehingga para kader PKK di Kota Pariaman bisa sukses dalam mengolah pertaniannya.

“Bantuan kita hari ini memang tidak banyak karena keuangan daerah yang terbatas sehingga tidak semua dasawisma yang mendapatkan bantuan ini. Tapi untuk Tahun 2021, pemerintah telah menganggarkan kembali bantuan yang sama dan akan membagikannya kepada dasawisma yang belum mendapatkan bantuan. Semoga saja bantuan ini bisa bermanfaat dan tanamannya bisa tumbuh dengan subur dan membuahkan hasil yang maksimal, “tutupnya.

Sementara itu Ketua PKK Kota Pariaman Ny.Lucy Genius dalam kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman yang telah memberikan bantuan kepada dasawisma Kota Pariaman sehingga para kader bisa  melaksanakn Program Hatinya PKK yaitu Halaman Teratur Indah dan Nyaman.

“Alhamdulillah kader dasawisma kembali mendapatkan bantuan. Bantuan kali ini berupa bibit untuk para kader dasawisma di 4 (empat) kecematan dan masing - masing kecamatan mendapatkan 5 (lima) kelompok dasawisma. Jadi ada 20 dasawisma yang mendapatkan bantuan bibit ada Tahun 2020 “ ungkapnya.

Selain mengajak kader menggunakan halaman rumah untuk menanam bibit, tujuan lainnya pemberian bibit adalah untuk menjadikan contoh bagi dasawisma daerah lain bahwa dimasa pandemi covid ini, dasawisma Kota Pariaman memanfaatkan waktunya dengan bercocok tanam dihalaman rumah.

“Banyak tujuan pemerintah memberikan kader bantuan bibit ini, yang paling penting adalah untuk meningkatkan ketahan pangan keluarga ketua dan anggota dasawisma. Semoga saja dasawisma lain juga akan mendapatkan bantuan yang sama dan bagi yang menerima jangan disia - siakan bantuan ini, pergunakan dengan sebaik mungkin dan lihatkan hasilnya kepada pemerintah dan masyarakat sekitarnya, “ pungkasnya.

Kepala DPPP Kota Pariaman Dasril saat ditemui usai acara mengatakan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat khususnya pada kader dasawisma dibidang pertanian dan sekaligus merupakan upaya pemerintah mendukung ketahanan pangan untuk penguatan ekonomi keluarga.

“ Menanam bibit dipekarangan dan merawat dengan baik adalah langkah yang harus dilakukan kader. Semoga saja nantinya, para kader dasawisma di Kota Pariaman tidak lagi mendapatkan bantuan pemerintah tetapi akan  membudidayakan sendiri, “ ujarnya.

Adapun bantuan yang diberikan pada kegiatan pengembangan tanaman sayuran yang diserahkan untuk kader dasawisma adalah 10 paket benih tanaman sayuran, 100 kg/2 karung pupuk NPK, 2 Ball waring, 750 kg/30 karung pupuk kandang, 15 batang bibit tanaman buah durian dan 20 batang bibit tanaman buah alpukat.

“Semoga bantuan berupa bibit ini dapat dimanfaatkan dengan semaksimal mungkin, sehingga kader berhasil nantinya dan sukses untuk kedepannya, “pungkasnya.(rel)


TerPopuler