DISDIKBUD Padang Pariaman Gelar Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru. -->

DISDIKBUD Padang Pariaman Gelar Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru.

Selasa, 27 Oktober 2020, 15.43.00
Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Zahirman Saat Membuka Bimtek Pembuatan Video Pembelajaran Penguatan Karakter. Fhoto : Humas Disdikbud Padang Pariaman


PARIT MALINTANG---Inovasi pembelajaran dimasa pademi covid-19 harus dilakukan agar proses belajar dan mengajar terlaksana dengan baik. 


" Untuk itu diperlukan kreatifitas dari para guru-guru dalam mewujudkan inovasi-inovasi dibidang pendidikan". kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Padang Pariaman, Zahirman ketika membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembuatan Video Pembelajaran Penguatan Karakter Peserta Didik pada masa Covid-19.


Bimtek yang dilaksanakan pada Hari Selasa (27/10/20) di Aula Disdikbud, diikuti 53 orang peserta dari Guru TK, Kelompok Belajar dan PKBM se-Padang Pariaman. 


Sebagai Nara Sumber dalam Bimtek ini adalah Andhika Pratama, staf Dinas Kominfo Kabupaten Padang Pariaman.


Kemudian, Zahirman menyampaikan bahwa wabah pademi covid-19 menyebabkan tidak bisa dilakukan pembelajaran secara tatap muka di Padang Pariaman. 


Karena Padang Pariaman berada pada zona orange dan juga pernah naik ke zona merah. Akibatnya anak-anak didik belajar dari rumah dengan motode daring dan luring. 



"Salah satu bentuk pembelajaran secara luring tersebut dengan menggunakan video. Anak-anak dirumah belajar melalui tontonan video yang dibuat oleh guru masing-masing sesuai dengan materi pendidikan," ulas Zahirman yang juga merangkap sebagai Kadis Kominfo.


Selanjutnya dijelaskan, disamping untuk pembelajaran, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Padang Pariaman juga akan mengadakan lomba terhadap video-video pembelajaran yang dibuat. Kepada pemenang akan diberikan hadiah dan sertifikat, serta videonya akan menjadi contoh dan digunakan oleh guru disekolah-sekolah atau kelompok-kelompok belajar lain. 


Lomba ini dilaksanakan untuk memotivasi para guru menciptakan video yang terbaik dan bemtuk apresiasi terhadap karya seorang guru.


Pada kesempatan tersebut didepan para peserta yang seluruhnya adalah guru, Zahirman mengingatkan agar para guru menjadi pelopor dalam penerapan Perda No. 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ditengah-tengah masyarakat. 


"Guru harus selalu melaksanakan protokol kesehatan covid-19 dalam aktifitas sehari-hari. Jangan lupa berdoa agar wabah covid-19 ini cepat berakhir dan proses pembelajaran dapat dilaksanakan dengan normal kembali," tutup Zahirman. (***/Wis)

TerPopuler