Pelaku UMKM Kota Pariaman Diberi Pelatihan Kewirausahaan Dan Motivasi Bisnis

 


PARIAMAN --- 30 Orang Pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Kota Pariaman diberi Pelatihan Kewirausahaan dan Motivasi Bisnis. Pelatihan ini merupakan Angkatan ke dua setelah sebelumnya dilaksanakan pada akhir bulan Oktober yang lalu.


“Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) UMKM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh Pemerintah daerah melalui kami sebagai dinas teknis terkait, karena sektor ini bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ujar Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) dan UMKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit ketika membuka Pelatihan Kewirausahaan dan Motivasi Bisnis bagi Pelaku UMKM Kota Pariaman, bertempat di Gedung Saiyo Sakato, Rabu (18/11/2020).


Lebih lanjut Gusniyeti Zaunit mengatakan bahwa tujuan pelatihan ini adalah memberi motifasi dan semangat kepada para pelaku UMKM, karena dizaman teknologi sekarang ini, dimana persaingan semakin ketat, maka segenap daya dan upaya, serta inovasi harus dilakukan dengan penuh semangat. Begitu juga dengan Kemasan produk UMKM juga menjadi salah satu point penting dalam meningkatkan pemasaran, ulasnya.


“Dengan adanya pelatihan ini, kiranya mampu mewujudkan peningkatan kualitas SDM UMKM kita, yang memiliki dedikasi, kompeten, disiplin, ulet, cerdas dan handal dalam mengelola dan mengembangkan sektor UMKM, termasuk produk-produk andalan UMKM yang ada di Kota Pariaman,” tukasnya.


“Saat ini jumlah UMKM di Kota Pariaman berjumlah 7.839 yang tersebar di empat kecamatan dengan jumlah populasi terbesar terdapat pada kecamatan Pariaman tengah dengan jumlah 3.084 UMKM atau sekitar 39 persen,” ulasnya.


Dengan banyaknya UMKM dikota Pariaman, membuktikan bahwa pertumbuhan UMKM dari tahun ke tahun mengalami peningkatan baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas UMKM tersebut, dan ini menuntut peran aktif Pemerintah Daerah untuk selalu Dinamis dan membuat terobosan baru agar UMKM yang ada di Kota Pariaman ini mampu bersaing dan merasa terayomi oleh Pemerintah Daerah, jelas Kadis Perindagkop Kota Pariaman ini.


“Selain itu, kami berharap para pesert a pelatihan bisa naik kelas, sehingga ilmu yang didapat selama pelatihan, kiranya dapat diimplementasikan nantinya dalam mendukung produk yang lebih baik dan punya nilai jual serta dapat  bersaing dengan produk lainya yang ada di pasaran,” tutupnya.


Pada Pelatihan Kewirausahaan dan Motivasi Bisnis bagi UMKM Kota Pariaman ini, Dinas Perindagkop dan UMKM Kota Pariaman menghadirkan narasumber dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (UNP), Okki Trinanda, SE, MM, Muthia Roza Linda, SE, ME dan Handri Andi Mesta, SE, MM, Ak. Ketua KADIN Kota Pariaman, Jomohor dan dari Dinas Perindagkop Kota Pariaman, dimana acara ini dilaksanakan selama 3 Hari, 18 sampai 20 November 2020 mendatang. ( KL)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.