Pengurus DMI Dikukuhkan Di Kota Pariaman -->

Pengurus DMI Dikukuhkan Di Kota Pariaman

Rabu, 25 November 2020, 14.30.00

 


PARIAMAN--- Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pariaman dikukuhkan untuk pertama kalinya, oleh Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Barat yang diketuai oleh Prof. DR. H. Duski Samad, M.Ag , bertempat di Aula Balaikota Pariaman Rabu (25/11), dalam acara acara Pengukuhan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia Kota Pariaman Masa Khitmad 2019-2024 Oleh Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sumatera Barat, dan Seminar Tentang Pengembangan Ekonomi Berbasis Masjid.


DMI adalah adalah organisasi tingkat nasional dengan tujuan untuk mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah, pengembangan masyarakat, dan persatuan umat. Organisasi ini didirikan pada tahun 1972 dengan maksud untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, akhlaq mulia dan kecerdasan umat serta tercapainya masyarakat adil makmur yang diridhai Allah SWT, dalam wilayah Negara Republik Indonesia.


Kepada pengurus DMI yang dilantik, Duski Samad menyampaikan bahwa program DMI harus fokus kepada beberapa hal yaitu, bagaimana menjadikan masjid menjadi lebih baik lagi dalam melayani umat. Kemudian bagaimana memberdayakan masjid baik secara ekonomi maupun berdaya untuk mencerdaskan pemahaman umat terhadap prolematika kehidupan sehari-hari.


Ketua DMI Sumbar ini juga menyebutkan, “DMI juga merupakan wadah yang sangat strategis untuk melayani umat, walaupun pengurusnya tidak ada mendapatkan gaji atau imbalan dari amanah yang diembannya, tapi di akhirat kelak Insya Allah insentifnya akan berlipat ganda diberikan oleh oleh Allah SWT”.


“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh masjid demi membangun kemaslahatan umat, seperti memberdayakan ekonomi syariah dengan cara membentuk lembaga keuangan mikro berbasis syariah dengan mendirikan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) maupun mengembangkan zakat wakaf”, terangnya.


Adapun bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan masjid kepada umat itu diantaranya adalah zakat, qurban, haji, medis, pengurusan jenazah serta pendidikan.


“Saya berharap agar keberadaan DMI ini didukung oleh seluruh stake holder yang ada, sehingga kedepannya DMI kota pariaman ini bisa eksist ditengah-tengah masyarakat dengan cara memunculkan terobosan baru agar masyarakat bisa lebih betah berada di dalam masjid, dan juga bisa meramaikan masjid”, pinta Duski Samad.


Untuk Kepengurusan DMI Kota Pariaman periode 2019-2024 di ketuai oleh Plt.Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin.


Hadir dalam pengukuhan tersebut adalah Forkopimda kota pariaman, Pimpinan Bank Nagari Syariah, Ketua Ormas Islam Kota Pariaman, Ketua Kemenag Kota Pariaman, Ketua Masjid yang ada di Kota Pariaman, Kepala Desa/Lurah yang ada di kota pariaman. (KL)



    


TerPopuler