Lagi Reward Diperoleh Kota Pariaman, Wawako Pariaman Genius Umar Apreasiasi Kinerja Badan Lingkungan Hidup

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar Menerima Penghargaan Dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Fhoto Andi Sikumbang )


Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar menerima Penghargaan Lingkungan Tingkat Propinsi Sumatera Barat berupa penghargaan Satuan Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) dari Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan disamping itu, beberapa sekolah di Kota Pariaman juga menerima Penghargaan Adiwiyata yang diberikan pada Sekolah peduli dan berbudaya lingkungan di auditorium Rumah Dinas Gubernur Sumatera Barat, Jum'at (17/6).

Penghargaan SLHD yang diserahkan oleh Gubernur kepada Bupati/Walikota merupakan penghargaan pada daerah yang menyusun buku status lingkungan hidup daerah terbaik, Kota Pariaman berada pada posisi ke tiga di bawah Kabupaten Dhamasraya dan Kota Padang, sedangkan urutan ke empat dan ke lima di raih Kabupaten Agam dan Kota Padang Panjang.

Sedangkan untuk kategori Sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi Sumatera Barat diterima oleh Sekolah SMAN 3 Pariaman, SDN 22 Manggung, SDN 03 Bungo Tanjung dan SDN 05 Marabau.

Dalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dibacakan oleh Gubernur Propinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) merupakan momentum yang sangat penting dalam rangka kampanye penyelamatan bumi. Pada tahun 2016 mengangkat tema " Go Wild For Life" ( selamatkan tumbuhan dan satwa liar untuk kehidupan ).

Berdasarkan data IUCN, tercatat di Indonesia 2 Species satwa berkategori punah, 66 Species berkategori kritis dan 167 Species kondisi genting.
" banyak persoalan yang kita hadapi dalam keanekaragaman hayati, sebagian besar species diketahui menghadapi ancaman kepunahan karena kerusakan habitat dan perburuan." Kata Irwan Prayitno dalam membaca sambutan Menteri LHK.

Pemerintah menegaskan upaya perlindungan terhadap tumbuhan dan satwaliar (TSL), hingga saat ini jumlah species yang dilindungi mencakup 127 Spesies mamalia, 382 Species burung, 31 Species Reptilia, 12 Species Palmae, 11 Species Raflesia dan 29 Species Orchidaleae.

Menurut Menteri LHK, permasalahan lingkungan hanya dapat diatasi dengan keterlibatan seluruh masyarakat. Masyarakat berada pada posisi sangat strategis, baik sebagai potensi sumber masalah, yang dapat ditekan dan dikurangi juga sebagai potensi solusi yang harus didorong.

Momen hari lingkungan hidup, menurut Menteri LHK yang dibacakan Gubernur Irwan Prayitno menjadi Alarm, tanda siaga kita untuk terus berupaya dan bekerja keras mengatasi berbagai masalah lingkungan dan kehutanan yang banyak, komplek dan rumit.

Atas penghargaan yang diterima, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi kinerja dari Badan Lingkungan Hidup Kota Pariaman dan juga Sekolah yang mendapat Adiwiyata menandakan Kota Pariaman ramah lingkungan." Saya Apresiasi dengan Dinas terkait, dan kedepan agar lebih ditingkat kepada yang lebih baik lagi." kata Genius. (darwisman/andi sikumbang)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.