Banyak Terjadi Kecelakaan, Satlas Polres Pariaman Bersama Dishub Lakukan Ramp Chek Bus AKDP dan AKAP

 Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pariaman yang dikomandoi AKP. Dwi Yulianto bersama gabungan Dishub Kota Pariaman dan Satpel terminal Jati tipe A Pariaman lakukan ramp check Bus AKDP dan AKAP khusus angkutan orang di Terminal Jati Kota Pariaman, Senin (10/9).

Kasatlantas Polres Pariaman, AKP. Dwi Yulianto mengungkapkan kegiatan yang dilakukan ini merupakan ramp check Bus AKDP dan AKAP khusus angkutan orang, karena telah banyak terjadinya beberapa kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan kematian para penumpang bus.

" Seperti terjadi pada Sabtu (8/9) lalu, sebuah bus di Sukabumi, Jawa Barat, Bus jatuh ke jurang sedalam 10 meter yang dikarenakan kelalaian sang pengemudi," ujar Kasatlantas.

Ia mewanti-wanti kepada para supir bus untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang, karena rata-rata dari beberapa bus yang dilakukan penindakan banyak terdapat kekurangan kelengkapan seperti kondisi ban mobil yang telah menipis, lampu penerangan yang mati, rem yang kurang optimal.

Hal ini dilakukan penindakan berupa sanksi tilang dan melengkapi bagian dari kendaraan yang tak berfungsi sebagaimana mestinya, terkhusus Surat Izin Mengemudi (SIM) yang telah habis masa berlakunya untuk segera di urus kembali.

Sementara itu, Marzon Annur, Petugas Satpel terminal Jati tipe A Pariaman mengungkapkan kegiatan ini kedepan akan rutin kita laksanakan dalam uapaya meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan sebagai bentuk perlindungan jaminan keselamatan bagi para penumpang bus.

Ia menuturkan, rata-rata bus yang tidak lengkap akan prosedur keselamatan tersebut juga telah habis masa izin trayeknya dan tidak diperpanjang.

Ia menghimbau kepada awak pemilik bus atau supir untuk segera mengurus kembali izin trayek bus tersebut agar tidak terjadi permasalahan dalam perjalanan. (Harsyi Warsilah/Phaik)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.