Bupati Ali Mukhni: Pemkab Padang Pariaman Komit Tanggulangi Tanggap Darurat Bencana

Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni ketika mendampingi Menteri PUPR meninjau jembatan Sungai Kalu yang putus.
Padang Pariaman, BANGUNPIAMAN.COM---Warga Korong Sungai Patai, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman saat ini bisa kembali berlega hati. Pasalnya, daerah mereka telah bisa kembali diakses menggunakan jembatan darurat yang dibangun jajaran Pemkab Padang Pariaman di kawasan itu.

Seperti diakui Bupati Ali Mukhni saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Senin (31/12/2018), menurutnya, pihaknya dari jajaran Pemkab Padang Pariaman telah berupaya menyikapi secara cepat keluhan warga di daerah itu, pasca terputusnya jembatan penghubung di daerah mereka.

"Insya Allah jika tidak ada kendala berarti, mungkin hari ini (Rabu, 2 Januari 2019) jembatan penyeberangan tersebut telah bisa kembali dilewati masyarakat, sehingga masyarakat di daerah itu bisa memanfaatkannya untuk berbagai keperluan, termasuk untuk mengangkut hasil pertanian mereka keluar daerah," terang Bupati Ali Mukhni.

Diakuinya, penanganan tanggap darurat pasca musibah banjir yang melanda daerah Kabupaten Padang Pariaman memang menjadi salah satu prioritas bagi pihaknya, dengan tujuan untuk bisa memulihkan kembali aktivitas masyarakat yang terkena dampak dari musibah dimaksud.

"Bahkan tidak hanya di Sungai Patai saja, kita dari Pemkab Padang Pariaman juga telah menurunkan hingga lima buah alat berat untuk meluruskan kembali aliran sungai Batang Mangor, yang sempat mengakibatkan ambruknya jembatan Lubuak Napa di kawasan itu," terangnya.

Warga gelar Syukuran

Di pihak lain, sejalan dengan pulihnya kembali akses perhubungan menuju daerah mereka, agaknya disambut dengan antusias oleh warga Korong Sungai Patai, Nagari Kapalo Hilalang dan sekitarnya.

"Memang masyarakat di sana merasa sangat lega sekali dengan kehadiran jembatan penghubung yang bersifat sementara itu, sehingga secara spontan mereka pun langsung menggelar syukuran sebagai tanda terima kasih," terang Wali Nagari Kapalo Hilalang, Taufik, kepada media ini kemarin.

Menurut Taufik, seperti diketahui, musibah banjir yang melanda Nagari Kapalo Hilalang beberapa waktu lalu, sempat mengakibatkan ambruknya jembatan penghubung di Korong Sungai Patai. Dan sesuai komitmen Pemkab Padang Pariaman, kerusakan jembatan di kawasan itu akan segera diganti yang yang baru. Begitu pula untuk pengamanan bibir sungai di kawasan itu nantinya akan ditangani oleh pihak Provinsi. (rel/wis)


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.