Warga Kota Solok Sambut Meriah Kafilah Kota Pariaman di Ajang MTQ Ke-38 Sumbar

Kafilah Kota Pariaman Disambut Antusias Warga Kota Solok ( Fhoto : Harsyi Warsilah)

SOLOK, BANGUNPIAMAN.COM---Ikuti Pawai Ta'aruf pada MTQ ke 38 Tk Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (15/6/2019) kafilah Kota Pariaman suguhkan arak-arak paling meriah, sehingga warga Kota Solok tampak terpukau menyaksikan kebolehan kafilah kota Pariaman

Arak-arakan pawai taaruf tersebut dimeriahkan dengan gandang tambue dan oyak tabuik piaman, rutenya mulai dari Kantor Walikota Solok sampai ke lapangan merdeka tempat pelaksanaan pembukaan MTQ ke 38 Tk Provinsi Sumbar.

Sebelumnya, seluruh kafilah berkumpul di halaman Kantor Walikota Solok dan dilanjutkan dengan pelepasan pawai secara langsung oleh Wakil Walikota Solok, Reiner yang ditandai dengan pengibaran  bendera start tanda pawai dimulai.

Turut mendampingi pawai kafilah Kota Pariaman, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman, M Nur, Kabag Kesra Kota Pariaman Armaizal, Asisten Walikota Pariaman, Sumiramis, beserta seluruh official kafilah.

Kabag Kesra Kota Pariaman Armaizal mengatakan, pawai kafilah Kota Pariaman disambut sangat antusias oleh warga Kota Solok.

"Kita sengaja memberikan suguhan yang meriah untuk mengarak kafilah Kota Pariaman pada pawai ta'aruf ini. Kita mengusung konsep pawai yang membawa tradisi budaya Pariaman  gandang tambue dan oyak tabuik piaman. Karena Budaya ini sudah melekat dengan Kota Pariaman dan tidak asing lagi bagi masyarakat di Sumatera Barat,"ulasnya.

" Kita juga menyuguhkan baju tradisional adat pariaman dengan anak daro dan marapulainya yang menambah semangat pawai taaruf kafilah Kota Pariaman ini ," tambahnya.

Armaizal berpesan kepada kafilah Kota Pariaman, agar dapat memberikan hasil yang terbaik untuk Kota Pariaman, karena tahun kemarin kita mendapat juara umum II sebagai tuan rumah maka setidaknya pertahankan juara tersebut dan bukan tidak mungkin kita akan meraih juara umum I pada MTQ di Kota Solok ini ," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pariaman  H. M. Nur selaku ketua kontingen menambahkan, pawai bertujuan untuk dakwah  dan syiarnya MTQ agar masyarakat tahu bahwa kita melaksanakan Musabaqah. Sebagai ajang silaturrahmi antar sesama kafilah MTQ se Sumatera Barat .

"Media ini untuk memperkenalkan daerah atau kota Pariaman dengan ciri khasnya  kepada masyarakat luas  dan kita punya ciri khas yang dimiliki oleh daerah lain yaitu gandang gendang tada dengan hoyak tabuiknya. Kafilah kota Pariaman kafilah favorit dan sangat ditunggu atraksi nya oleh masyarakat kota solok," ujarnya.

Usai mengikuti pawai taaruf, para kafilah dan official kembali ke hotel untuk beristirahat, sembari menunggu malam pembukaan MTQ ke 38 Tk Provinsi Sumbar di Lapangan Merdeka, Kota Solok, Sumatera Barat.


Pewarta : Harsyi Warsilah 

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.