Berikut Penghargaan RKCI Yang Diterima Kota Pariaman

Pemko Pariaman Mendapat Pengakuan Nasional Sebagai Juara I dari Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia ( RKCI) . Fhoto : Kominfo Pariaman

BANDUNG----Kota Pariaman sabet tiga penghargaan  dan mendapat pengakuan Nasional sebagai Juara I dari Riset dan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2019 yang digelar Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB), di Bandung, Senin (18/11/2019), tempat Proklamator RI, Ir. Soekarno di inaugrasi.

Ke tiga penghargaan yang meraih Juara I tersebut ialah Rating Kesehatan Cerdas (Smart Health), Rating Keamanan dan Kebencanaan Kota (Safe and Secure Cities) dan Rating Ekonomi Cerdas (Smart Economy) yang secara langsung dijemput oleh Kepala Diskominfo Kota Pariaman Hendri, yang mewakili Walikota Pariaman.

Namun, untuk Kategori Rating Sosial Cerdas (Smart Social) Kota Pariaman Raih Juara II Nasional, Rating Kesiapan Pemerintahan Digital (Digital Government Readiness) Juara II, Rating Kota Menuju Kota Cerdas (Smart City) Juara III dan Rating Kesiapan Integrasi (Integration Readiness) Juara III juga.

Kepala Diskominfo, Hendri, menuturkan, RKCI ini menjadi motivator yang sejalan dengan visi misi Walikota Pariaman untuk menjadikan Kota Pariaman sebagai Kota Cerdas dan Smart, yang didukung dengan potensi dan pengembangan bidang kepariwisataan secara berkelanjutan.


Hal ini, mampu menjadi semangat Pemerintah Kota Pariaman untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat Kota Pariaman, dengan target tercapainya sebuah pelayanan kepada masyarakat secara terstruktur, cepat dan tepat.

“Penghargaan RKCI ini diterbitkan oleh institusi pendidikan yang sangat kredibel melalui penilaian yang sangat ketat. Dan menjadi sebuah pengakuan besar yang tidak main-main, sehingga semua harus bekerjasama untuk sekadar mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan tersebut,” ungkap Hendri.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar turut senang mendapat kabar tentang perkembangan kemajuan Kota Pariaman ini, dimana pada periode sebelumnya kita hanya mampu di peringkat dua dengan dua penghargaan.

Genius mengapresiasi seluruh stakeholder terkait yang telah mampu meningkatkan mutu pelayanan di bidang smart yang kita dapat ini, dengan harapan tahun depan Kota Pariaman mampu menyabet keseluruh kategori yang berjumlah sembilan kategori.

Dalam kesempatan itu, dijelaskan panitia penyelengara RKCI 2019, Arry Akhmad Arman menjelaskan bahwa kota-kota di Indonesia masih harus berjuang keras menuju kota Cerdas yang sesungguhnya

Dengan menjalankan berbagai Solusi Cerdas yang berkelanjutan dan penerapan yang tidak mengabaikan aspek-aspek pendukungnya, didukung oleh infrastruktur dasar yang memadai, serta upaya keras melakukan penegakan hukum dan revolusi mental warga kotanya menuju perilaku yang lebih baik.

Ia menambahkan, jika dipandang dari cara cerdas (Kota Cerdas) secara umum, kota terbaik di Indonesia baru memasuki tahap integrasi sistem menuju solusi cerdas yang terintegrasi penuh, imbuhnya mengakhiri. ( rel/harsy)
Diberdayakan oleh Blogger.