Covid-19 dan Rindu Tak Kunjung Tuntas


Oleh: Arfino Bijuangsa
(Pengurus GEBU Minang DKI Jakarta)

Idulfitri merupakan hari raya utama terutama bagi umat muslim di Indonesia, momen untuk berkumpul kembali melepas rindu bersama keluarga apalagi bagi keluarga yang memiliki suatu alasan.

Misalnya pekerjaan atau pernikahan, harus berpisah. Awal mulainya ibadah puasa, umat muslim di Indonesia mulai sibuk dengan memikirkan perayaan hari raya ini, momen yang paling utama ialah mudik atau pulang kampung.

Sehingga pemerintah pun memfasilitasi dengan memperbaiki jalan-jalan yang dilalui dan transportasi menuju kampung halaman.

Hari Raya Idulfitri di Indonesia juga diperingati sebagai hari libur nasional, namun situasi kali ini berbeda yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia dimoment idul fitri kali ini

Dimana yang biasanya dua minggu menjelang hari kemenangan ini, masyarakat sudah berbondong-bondong untuk pulang kampung atau yang dikenal dengan arus mudik.

Namun, malang tak dapat ditolak, pemerintah pun harus bertindak untuk melarang masyarakat untuk pulang kampung demi tujuan memutus mata rantai Covid-19.

Keputusan ini mungkin sangatlah berat bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, namun apalah daya yang bisa kita lakukan hanyalah berdoa agar pandemi ini cepat teratasi dan terminimalisir dengan baik.

Di moment idul fitri kali ini, kita tidak bisa lagi melihat anak-anak yang berkunjung dari rumah ke rumah atau yang disebut dengan "manambang" yang merupakan suatu budaya urang awak.

Kita tidak dapat lagi merasakan budaya tersebut untuk saling kunjung-mengunjungi sembari menikmati sajian kue dan ketupat yang disajikan oleh tuan rumah yang sering kita sebut halal bi halal.

Bahkan, kita juga tidak dapat mengunjungi tempat-tempat wisata yang mengisi momentum idul fitri yang biasanya menemani kita setiap tahunnya.

Dengan menikmati keramaian sembari melihat anak-anak yang menyandang pistol mainan dan saling tembak-tambakan.

Kita juga tidak bisa saling berjumpa dan berkumpul dengan teman-teman dari kecil sembari tertawa bahkan untuk menuntaskan janji dengan si dia pun harus kita tunda. Itu semua harus kita lakukan untuk menjaga keselamatan bersama.

Semoga pandemi ini cepat berlalu dan rindu yang terpendam akibat covid-19 bisa tertuntas.
Diberdayakan oleh Blogger.