Rayakan Hari Lansia, Rena Ali Mukhni: Bersama Jaga Lansia


Sicincin-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menghadiri Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional (Halun) pada Selasa (28/07) di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih. 

Dalam sambutannya Rena Ali Mukhni mengatakan perayaan ini bentuk kepedulian negara hadir untuk lansia karena para lansia ini merupakan tanggungjawab bersama serta menjadikan lansia lebih kreatif dihari tuanya. 

"Kami mengucapkan terimakasih kepada para pengurus panti sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih, Semoga ini menjadi ladang amal bagi para pengurus karena telah bersedia mengurus para penghuni panti ini,"ujarnya

Ia juga mengajak agar kita bersama menjaga lansia, karena lansia membutuhkan perhatian dihari tuanya agar mereka tidak merasa diacuhkan dan merasa kesepian di masa-masa ini. 

Perayaan Halun pada tahun ini mengusung tema negara hadir untuk lansia,keluarga sayang lansia, keluarga bahagia bersama jaga lansia

Senada dengan itu Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Drs. Yutiardi Rivai, Apt dalam laporannya mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada orang tua dan memberikan partisipasi untuk mengisi waktu senja para lansia. 

"Kami berharap pertemuan ini langkah awal untuk menata penanganan dan bentuk kepedulian kita terhadap orang tua, serta memberikan semangat kepada lansia yang ada di Kabupaten Padang Pariaman,"terangnya

Ia juga mengucapkan terimaksih kepada pengurus panti sosial yang telah mewadahi kegiatan pada hari ini. 

Dalam kesempatan yang sama Kepala sesi pelayanan kebutuhan jompo Panti Sosial Tresna Werdha  Sabai Nan Aluih Dr. Mahasir, S.Sos., M.Pd mengatakan penghuni sebanyak 110 yang berasal dari berbagai tempat diantaranya diantar langsung oleh keluarga, korban tabrak lari dan lain sebagainya dimana diantaranya sudah berkubutuhan khusus yang segala aktivitasnya haru dibantu. 

"Selama masa pandemi para penghuni panti ini tidak diperbolehkan keluar pagar karena ditakutkan akan terinfeksi penyebaran Covid-19, oleh karenanya setelah new normal kami mencoba menghibur para lansia dengan mengajak rekreasi ke tempat wisata yang bertujuan untuk mengurangi stres para lansia,"tuturnya

Ia juga menambahkan kegiatan yang dilakukan dipanti ini diantaranya pelatihan keterampilan, senam, kesenian, pengajian, dan pemeriksaan kesehatan. 

"Dalam ukuran kapasitas panti ini belum mencukupi sehingga masih diperlukan perbaikan dan pembenahan lebih lanjut,"tutupnya. 

Perayaan ulang tahun lansia ini ditandai dengan pelepasan balon bersama oleh Anggota DPRD Padang Pariaman Drs. Mothia Aziz,Ketua TP-PKK Padang Pariaman Rena Ali Mukhni ,Ketua GOW Padang Pariaman, Ketua Dharmawanita Eli Jonpriadi dan Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman Yutiardi Rivai beserta jajaran, selain itu juga dilaksanakan senam lansia dan makan buah bersama.(RHPP)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.