Kabag Pemerintahan Wakili Walikota Ikuti Zoom Meeting Munas VI Apeksi -->

Kabag Pemerintahan Wakili Walikota Ikuti Zoom Meeting Munas VI Apeksi

Kamis, 28 Januari 2021, 16.08.00
Munas Apeksi Diikuti Walikota Pariaman Diwakili Kabag Pemerintahan


Pariaman --- A.Nusirwan Kepala Bagian Pemerintahan Kota Pariaman mewakili Walikota Pariaman Genius Umar, mengikuti zoom meeting “Munas VI Apeksi tentang Pembahasan Laporan dan Program Kerja Komwil I s/d VI dan Presentasi, Pemilihan Tuan Rumah Rakernas Tahun 2022”, yang digelar secara virtual bertempat di Ruang Rapat Walikota Kamis (28/01/2021).


Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), merupakan organisasi atau lembaga kerjasama manifestasi dari beberapa Walikota yang menjadi anggotanya. Dengan demikian hal ini mengisyaratkan suatu representasi berbagai identitas dan kepentingan yang plural, karena masing-masing mewakili suatu kebutuhan yang urgent menurut daerah yang dipimpinnya. Lembaga ini juga menjadi ruang bagi pemerintah daerah untuk melakukan sharing dan pencarian solusi dalam memecahkan suatu masalah.


Munas VI APEKSI ini diikuti oleh Komisaris Wilayah (Komwil) 1 Kota Pekanbaru, Komwil 2 Kota Lubuk Linggau, Komwil 3 Kota Jogyakarta, Komwil 4 Kota Malang, Komwil 5 Kota Tarakan, dan Komwil 6 Kota Ambon.


Dalam Munas VI ini ada 4 (empat) Kota yang menyatakan siap sebagai calon tuan rumah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 yaitu, Kota Padang, Kota Tarakan, Kota Makassar, dan Kota Banjarmasin.


Masing-masing kandidat dalam Munas VI yang dihadiri oleh Walikotanya ini menyampaikan presentasi tentang kesiapan daerah dan fasilitas serta keunikan kuliner daerah mereka masing-masing, agar bisa dipilih untuk menjadi tuan rumah Rakernas Tahun 2022 yang dihadiri oleh para kepala daerah itu.


Setelah 3 (tiga) Kepala Daerah melakukan presentasi dan menayangkan video kearifan lokal daerah mereka masing-masing, satu kepala daerah dari Kota Tarakan menyatakan pengunduran diri untuk menjadi calon tuan rumah Rakernas Tahun 2022, dengan alasan tahun 2018 sudah pernah menjadi tuan rumah, dan sekarang ingin memberi peluang kepada daerah lain untuk menjadi tuan rumah Rakernas tersebut.


Akhirnya setelah dilakukan pemilihan suara melalui sistem formatur oleh 6 (enam) Komwil yang hadir, maka terpilihlah Kota Padang sebagai tuan rumah Rakernas Tahun 2022 dengan 4 (empat) jumlah suara dari 6 (enam) jumlah pemilih. 


Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler