Walikota Pariaman Genius Umar Bersaturahmi Ke Walikota Pekanbaru -->

Walikota Pariaman Genius Umar Bersaturahmi Ke Walikota Pekanbaru

Jumat, 15 Januari 2021, 16.37.00
Walikota Genius Umar Bersama Walikota Pekanbaru Firdaus


PEKANBARU --- Silaturahmi ke Walikota Pekanbaru , Firdaus, Walikota Pariaman , Genius Umar jalin,  akan jalin kerjasama antar dua daerah di bidang investasi daerah pengembangan pariwisata, bertempat di Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru, Jalan Abdul Rahman Hamid, Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Jum'at (15/1).


Genius Umar mengatakan bahwa kunjungan perdananya di tahun 2021 ini adalah ke Kota Pekanbaru, karena Kota Pekanbaru mempunyai jarak yang dekat dengan Sumatera Barat pada umumnya, dan Kota Pariaman pada khususnya.


"Salah satu market pasar wisatawan domestik yang banyak berkunjung ke destinasi wisata di Kota Pariaman, adalah Kota Pekanbaru, karena itu, kami bersama dengan beberapa Kepala OPD datang kesini berencana untuk membuat kerjasama antar dua daerah dalam hal ini kerjasama investasi daerah pengembangan pariwisata, untuk peningkatan PAD Kota Pariaman," ungkapnya.


Lebih lanjut Wako Pariaman ini juga menjelaskan bahwa Bidang Pariwisata merupakan sektor yang dinilai potensial untuk dikembangkan dalam upaya meningkatkan pemasukan bagi daerah melalui obyek atau destinasi wisata, dan menjadi visi daerahnya.


"Pengembangan dan pendayagunaan pariwisata secara optimal mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mempertimbangkan hal tersebut maka penanganan yang baik sangat diperlukan dalam  upaya pengembangan obyek-obyek wisata antar daerah, khususnya Kota Pekanbaru dan Kota Pariaman," ujarnya


"Sektor pariwisata memiliki peranan yang cukup berpengaruh bagi perekonomian daerah dan untuk itu, Pemerintah daerah diharapkan mampu mengelola potensi dengan menjadi regulator yang melibatkan antar dua daerah dan swasta dalam pengembangan pariwisata. Sehingga potensi daerah yang dimiliki dapat di manfaatkan sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dikelola secara profesional, agar mampu memuaskan wisatawan lokal maupun mancanegara," tutur Genius.


Pertemuan ini adalah langkah awal untuk membuat kerjasama yang konkrit nantinya yang tertuang dalam Perjanjian Kerjasama antar dua daerah, dan kedepan akan dilakukan kembali pertemuan dan diskusi serupa dikemudian hari, ulasnya mengakhiri.


Walikota Pekanbaru, Firdaus menyambut baik kunjungan Walikota Pariaman, Genius Umar ke daerahnya, karena antar sesama anggota APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia), apalagi Kota Pariaman bersama dengan Kota Pekanbaru berada di Wilayah I, berbagai informasi, inovasi dan kerjasama antar daerah, adalah hal yang biasa.


"Dalam kunjungan Walikota Pariaman ini yang datang bersama beberapa kepala OPD nya, kita berdiskusi tentang kerjasama antar dua daerah, dimana intinya nanti antara Kota Pekanbaru dan Kota Pariaman, akan menjadi satu kesatuan yang kokoh, dalam hal peningkatan ekonomi, yang dikembangkan dalam hal industri kreatif dalam pengembangan pariwisata dua daerah," jelasnya.


"Dengan adanya kerjasama ini, kita harapkan akan terjadi multiplayer effeck antar dua daerah, khusunya di bidang investasi daerah pengembangan pariwisata, yang nantinya akan terjadi peningkatan ekonomi masyarakat," tukas Walikota Pekanbaru 2 Periode ini.


Firdaus juga mengatakan bahwa hasil diskusi hari ini, akan ditindak lanjuti dengan kunjungan balasan dirinya bersama dengan OPD Kota Pekanbaru ke Kota Pariaman, dalam waktu dekat. "Diharapkan kedepan, dengan pertukaran sumber daya antar dua daerah, kita akan mempunyai daya saing untuk menatap perkembangan zaman saat ini, serta menuju indonesia maju 2045, dapat kita siapkan dari sekarang," tutupnya. 


Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler