Pj.Gubernur Sumbar Hamdani Resmikan Galeri Los Balai Naras Pariaman -->

Pj.Gubernur Sumbar Hamdani Resmikan Galeri Los Balai Naras Pariaman

Rabu, 24 Februari 2021, 18.10.00
PJ Gubernur Sumbar Hamdani Didampingi Walikota Pariaman Genius Umar Resmikan Galeri dan Los Balai Naras Pariaman


PARIAMAN----Pj.Gubernur Sumatera Barat Hamdani yang didampingi oleh Walikota Pariaman Genius Umar meresmikan  galeri dan los Balai Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman,  di Balai Naras Pariaman, Rabu (24/02/2021).


Peresmian yang ditandai dengan pengguntingan pita tersebut dihadiri Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya Kusworo Darpito, Team Leader Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) Oversight Consultan Sumatera Barat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) Repubik Indonesia, Camat Pariaman Utara, Kepala Desa se Kecamatan Pariaman Utara, Niniak Mamak dan Tokoh Masyarakat Balai Naras.


Dalam sambutannya Pj.Gubernur Sumbar Hamdani mengapresiasi kinerja Walikota Pariaman Genius Umar karena sampai saat ini Kota Pariaman telah banyak melakukan perubahan yang signifikan sehingga membawa Kota Pariaman lebih baik lagi.


“Hari ini saya pertama mengunjungi Kota Pariaman sejak diberikan tugas menjadi Pj.Gubernur Sumatera Barat. Pada kunjungan ini saya langsung diminta meresmikan galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman. Ini merupakan salah satu inovasi yang diciptakan Walikota Pariaman untuk menata para padagang agar lebih nyaman lagi saat berjualan, “ ungkapnya.


Hampir diseluruh Kota dan Kabupaten di Sumatera Barat saat ini melakukan perubahan demi kemajuan daerah masing - masing. Namun untuk sebuah kota kecil yang baru berkembang.


Kota Pariaman cukup menonjol dengan perkembangan yang telah dilakukan. Kota Pariaman melakukan perubahan dari segala sektor meskipun masih pada masa pandemi covid-19.


“Pemimpin seperti inilah yang patut dicontoh. Genius melakukan perubahan untuk Kota Pariaman pada saat kondisi keuangan daerah bahkan Sumatera Barat berkurang, " ulasnya.


Artinya ketergantungan kita terhadap dana pusat cukup tinggi. Dengan APBD yang ada saat ini, tidak memungkinkan pimpinan melakukan perubahan. 


Untuk itu seorang pemimpin harus mampu meraih bantuan khusus dari APBN agar daerah bisa berkembang lebih cepat dan ini dilakukan oleh Walikota Pariaman Genius Umar seperti saat ini pembangunan galeri dan los dananya bersumber dari Kementerian PUPR RI.


Pembangunan Pasar Pariaman dan sebelumnya pembangunan los lambung Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan.


Ia menambahkan bahwa Pemerintah Provinsi Sumbar akan selalu memberikan dukungan penuh untuk perkembangan yang dilakukan oleh Genius Umar. 


Inovasi dan terobosan lainnya masih akan kami nantikan sehingga kinerja Pemerintah Kota Pariaman akan jauh lebih baik lagi dan berdampak pada perkembangan Kota Pariaman itu sendiri.


Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj.Gubnernur Sumatera Barat pada peresmian galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman.


“Alhamdulillah galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman yang dana pembangunannya dari APBN Kementerian PUPR akan diresmikan langsung oleh Pj.Gubernur Sumatera Barat Hamdani," ulas Genius.


Dijelaskanya, Ini merupakan penghargaan khusus sehingga menjadi kebanggan bagi masyarakat Balai Naras. 


Pada saat ini juga saya terima hibah asetnya sehingga galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman ini sudah sah milik Pemerintah Desa Balai Naras Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.


Pembangunan galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman ini merupakan program pemerintah pusat melalui kegiatan Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kota Pariaman. 


Dengan peresmian ini berarti telah ada 4 (empat) pasar di Kota Pariaman yang dibiayai oleh APBN. Pertama pasar Kurai taji, los lambung Kurai Taji, Pasar Rakyat Kota Pariaman, keempat galeri dan los Balai Naras.


Untuk pasar rakyat Pariaman rencana akan resmikan langsung oleh Presiden RI Jokowi pada tanggal 31 Maret 2021 yang akan didampingi oleh Menteri PUPR dengan biaya Rp 100 m . 


Sampai saat ini belum ada tanda - tanda akan diwakilkan, semoga saja bisa berjalan lancar sampai waktu yang ditentukan sehingga akan menjadi sejarah awal Kota  Pariaman bahwa pasar rakyat di resmikan langsung oleh Bapak Presiden. 


"Setelah peresmian kita akan minta kepada Bapak Presiden untuk melanjutkan pembangunan mesjid terapung yang selalu dinantikan masyarakat Kota Pariaman, “ tambahya.


Ia berharap dengan diresmikannya galeri dan los Balai Naras Kota Pariaman ini perekonomian masyarakat Balai Naras bisa lebih baik lagi. 


Galeri dan los Balai Naras ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua pedagang dan dirawat bersama sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.


(Dewi Lestari/Harsy Warsilah)

TerPopuler