Wagub Sumbar Audy Joinaldy Prioritaskan Mitigasi Bencana Kabupaten Pasaman Barat

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy Saat Mengunjungi Pasaman Barat. Fhoto : Robi Irwan

Pewarta : Robi Irwan


PASAMAN BARAT-- Wakil Gubernur Sumater Barat Audy Joinaldy  memprioritaskan Pasbar dalam mitigasi bencana, walaupun butuh ratusan miliar untuk itu.


Kunjungan  nomor dua Sumbar itu, Kamis ( 11/03/2021)  didampingi Bupati Pasbar Hamsuardi dan Wakil Bupati Risnawanto serta didampingi oleh  Kepala Bappeda, Balitbangda, PUPR, PSDA, BPBD  Biro Humas Provinsi Sumbar serta beberapa kepala OPD  Pasbar.


Wagub melakukan peninjauan jalan Teluk Tapang, irigasi Batang Batahan dan lokasi banjir Batang Sikabau dan Batang Bayang  untuk usulan program  prioritas tahun 2022.


Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy kepada awak media mengatakan pihaknya bersama tim Provinsi Sumbar datang ke Pasbar untuk mitigasi bencana dan melihat secara langsung kondisi-kondisi di lapangan, hingga bisa di laporkan ke pemerintah pusat.


"Sebentar lagi saya bersama gubernur akan melakukan rapat bersama Kementerian Maritim tentang ini. Jadi, saya ingin melihat langsung ke lokasi, seperti apa Sungai Batang Bayang, Sungai Batahan, Sungai Batang Bayang. Kita bisa merancang penanganan antisipasi bencana ke depan," kata Audy Joinaldy.


Ia menambahkan, Pasbar akan menjadi prioritas dalam mitigasi bencana. Memang butuh anggaran ratusan miliar untuk penanganan hal tersebut. Namun, bagaimanapun masyarakat yang terdampak bencana harus ditangani.


"Saat ini kita akui anggaran banyak mengalami rekofusing penanganan Covid-19. Namun, terkait bencana kita juga harus urus, apalagi di beberapa wilayah khusus Pasbar terdampak bencana seperti banjir. Ada juga banjir yang melanda pemukiman dan pertanian yang menelan kerugian setiap saat,"ujar Audy Joinaldy. 


Anggaran untuk pembangunan tersebut memang tidak sedikit dan APBD tidak akan mampu. Makanya, Ia bersama dengan pemerintah daerah akan berusaha menyampaikan kepada pemerintah pusat.


"Semoga pemerintah pusat bisa mengerti dengan kondisi masyarakat tentang dampak bencana alam itu. Semoga tahun depan 2022 bisa terealisasi itu semua,"jelas Audy Joinaldy.


Sementara itu, Bupati Pasbar Hamsuardi didampingi Risnawanto kepada media menyampaikan bahwa pemerintah berharap bahwa peninjauan pada hari itu akan menjadi langkah awal pembangunan.


"Harapan kita, Pemerintah Provinsi melalui Bapak Gubernur Mahyeldi Ansharullah dan Bapak Audy Joinaldy menyampaikan kepada pemerintah pusat kondisi Pasbar ini. Mitigasi bencana seperti apa yang akan bisa menyelesaikan persoalan-persoalan tersebut,"kata Hamsuardi. (***)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.