-->
  • Jelajahi

    Copyright © Bangun Piaman.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Walikota Pariaman Buka Festival Layang-Layang di Desa Koto Marapak Berhadiah Sapi

    Redaksi
    Rabu, 10 Maret 2021, 21.42.00 WIB Last Updated 2021-03-10T17:16:55Z
    Walikota Pariaman Genius Umar Menaikan Layang Dangung di Desa Koto Marapak


    Pewarta : Harsy Warsilah


    PARIAMAN----Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara resmi festival layang-layang dangung, di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Rabu (10/03/2020).


    Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan Ini adalah salah satu kearifan lokal yang ada di Kota Pariaman yaitu festival layang-layang dangung tagak tali.


    " Kita miliki layang-layang yang diatasnya dikasih pita yang dibuat dari rotan sehingga berbunyi berdengung  menjadi bunyinya bagus, kemudian layang-layang bisa lurus talinya  sehingga menjadi juara," ulasnya.


    Ini adalah tradisi lokal masyarakat kota Pariaman dan secara khusus desa Koto Marapak ini, sekarang dikombinasikan menjadi bagian dari atraksi wisata sehingga menjadi salah satu tujuan wisata yang ada di Kota Pariaman. 


    " Kita mesti Kembangan kearifan lokal ini dan dijadikan salah satu destinasi wisata kota pariaman,"ujar Walikota Genius Umar.


    "karena itu kepada masyarakat Kota Marapak dan juga Pariaman Timur kami pemerintah kota mengucapkan terima kasih mudah-mudahan budaya ini terus kita lanjutkan menjadi permainan anak-anak nagari dan juga menjadi salah satu potensi pariwisata. silakan datang ke kota Pariaman  desa koto Marapak acaranya dibuat satu bulan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan memakai masker menjaga Jarak dan selalu mencuci tangan, " tambah Genius Umar.


    Sementara itu Kepala Desa Koto Marapak Yuhaldi mengatakan kegiatan ini laksanakan adalah bentuk kearifan lokal yang ada di desa Koto Marapak. 


    " Biasanya kegiatan ini kami laksanakan itu acara kegiatan festival layang-layang dangung tagak tali. kegiatan ini selama 1 bulan sampai final, peserta ini lebih kurang dari 1.000 orang," ulasnya. 


    " Kami menyediakan untuk juara 1 sampai 10 yang terbaik dari seluruh pengukur yang tertinggi itu untuk juara satunya itu kami sediakan hanya 1 ekor sapi ditambah trophy, juara 2 Rp 3.000.000 ditambah trophy, juara 3 Rp. 1.500.000 ditambah trophy, juara 4  Rp. 750. 000 ditambah trophy, juara 5 Rp 500.000 ditambah  trophy sedangkan di juara 6-10 itu tabanas nya Rp 200.000 ditambah trophy," ulas Yuhaldi


    Kemudian ada juga hadiah khususnya itu juara full A dan full B ini maksudnya bahwa di pancang A dan dipancang B jika kita mengukur nanti siapa nilai yang paling tinggi di seluruhnya nantinya di akhir final.


    " Nantinya akan mendapatkan juara full A dan full B masing-masing mendapatkan sebanyak Rp. 1.000.000. dengan insert Rp. 5.000 per peserta itu untuk satu kali pengukuran, seandainya nanti dia tidak masuk ke final, artinya dia bisa membeli insert lagi boleh berulang-ulang sampai selama babak penyisihan kami tersedia"ujar Yuhaldi. (***)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini