Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2021, Wabup Rahmang : Dibutuhkan Peran Aktif Masyarakat

 

Wakil Bupati Padang Pariaman Drs.Rahmang, MM didampingi Kepala BPPD Budi Mulya Mengecek Kendaraan Operasioan BPPD Padang Pariaman. Fhoto : Humas

PARIT MALINTANG- Wakil Bupati Drs. Rahmang,M.M. pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2021 Kabupaten Padang Pariaman pada Senin (26/04/2021) di Halaman Kantor Bupati Padang Pariaman. 


Dalam amanatnya  wabup mengatakan menyambut baik kegiatan Apel Kesiapsiagaan yang tahun ini mengambil tema " Siap Untuk Selamat, Latihan Membuat Kita Selamat Dari  Bencana"


Menurut Rahmang, ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah daerah kepada mayarakat atas bahaya bencana. 


" Apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus  digalakkan khususnya untuk masyarakat Padang Pariaman," ulasnya 


Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional diperingati  pada tanggal 26 April ini, dengan mempertimbangkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana yang merupakan perangkat     hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke prefentif atau pengelolaan resiko bencana.


Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengajak seluruh lembaga swadaya masyarakat dan semua pihak terkait dalam hal kesiapsiagaan, untuk turut bersama-sama berupaya semaksimal mungkin meningkatkan partisipasi dan peran aktif komunitas dan masyarakat dalam upaya penanggulangan bencana.


" Yang terpenting adalah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan dan usaha penanggulangan bencana agar masyarakat yang tinggal di Padang Pariaman mengerti tanda adanya bencana, penanggulangannya dan selamat dari bencana,”ungkapnya 


Ia juga menambahkan Apel Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2021 Kabupaten Padang Pariaman ini juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penanggulangan bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi. 


Padang Pariaman memiliki banyak potensi bencana yaitu ada 11 jenis bencana seperti gempa bumi, tsunami didaerah barat daerah, banjir dan banjir bandang, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan dan lainnya. 


" Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit diprediksi. Namun kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan timbul dari bencana itu sendiri," ulas mantan Camat Sungai Limau itu. 


Apel  Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun 2021 Kabupaten Padang Pariaman pada hari ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana yang juga menjadi ancaman baik bagi stabilitas pemerintah daerah maupun nasional


“Besar harapan kami semoga dengan terlaksanannya acara ini dapat memberikan pencerahan kepada seluruh masyarakat dari Kabupaten Padang Pariaman sebagai bekal dalam melatih kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana,”tutupnya


Pada Apel ini juga dilaksanakan penandatangan ikrar kesepakatan pemangku bencana yang ditanda tangani oleh Dandim 0308 Pariaman, Polres Padang Pariaman, Polres Pariaman, Kalaksa BPBD Kabupaten Padang Pariaman dan Wakil Bupati Padang Pariaman dan juga dilanjutkan dengan pengecekan alat-alat penanggulangan bencana. (rel/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.