Sekdako Pariaman Yota Balad Pimpin Vidcon Dengan Kemenpan RB -->

Sekdako Pariaman Yota Balad Pimpin Vidcon Dengan Kemenpan RB

Kamis, 22 April 2021, 22.10.00
Sekdako Yota Balad Ikuti Vidcon Dengan Kemenpan RB


Pewarta : Harsy Warsilah


PARIAMAN---Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) adakan video conference (vidcon) dalam Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota tahun 2020. Vidcon tersebut juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad dengan OPD terkait di Ruang Rapat Sekdako Pariaman, Kamis (22/4).


Dalam kesempatan tersebut, Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa untuk mendukung pencapaian program skala prioritas yang ditetapkan Presiden RI, Jokowi salah satunya Reformasi Birokrasi.


“Reformasi Birokrasi merupakan suatu upaya untuk mendukung suksesnya peningkatan kualitas SDM dan percepatan perekonomian serta infrastruktur yang ada. Selain itu, reformasi birokrasi juga dilakukan sebagai upaya membuat birokrasi lebih adaptif dan lebih cepat dalam pelayanan dan pengambilan keputusan. Kuncinya adalah pada percepatan memberikan pelayanan kepada masyarakat”, ungkapnya.


Dalam rangka mendorong penguatan reformasi birokrasi dan SAKIP di instansi pemerintah, Kementerian PANRB setiap tahunnya melaksanakan evaluasi dan implementasi SAKIP dan RB pada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk memetakan progres reformasi birokrasi dan tingkat efektivitas serta efisiensi penggunaan anggaran yang ada.


“Dengan kondisi Covid-19 yang belum berakhir, Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi dilakukan dengan metode tatap muka langsung dengan jumlah yang terbatas dan melalui metode Daring. Pemerintah daerah yang diundang untuk menerima hasilnya langsung adalah perwakilan dari kabupaten dan kota di setiap provinsi yang evaluasi SAKIP RB  yang memperoleh nilai terbaik dari provinsi tersebut”, sebutnya.


Tjahjo Kumolo juga menyebutkan predikat hasil evaluasi SAKIP RB dikelompokan menjadi tujuh peringkat yakni peringkat pertama (AA) adalah sangat memuaskan, peringkat kedua (A) adalah memuaskan, peringkat ketiga (BB) adalah sangat baik, peringkat keempat (B) adalah baik, peringkat kelima (CC)  adalah cukup baik, peringkat keenam (C) adalah kurang, dan peringkat ketujuh (D) adalah masih sangat kurang.


Sedangkan kategori predikat hasil evalausi SAKIP RB menggambarkan kemampuan instansi pemerintah dalam mewujudkan birokrasi yang berorientasi pada hasil dan mengelola perbaikan terhadap delapan area perubahan dilevel instansi mapun level unit dibawahnya, meningkatkan kualitas implementasi kebijakan masing-masing area perubahan serta mewujudkan perubahan yang nyata dan berdampak pada perbaikan tata kelola pemerintahan yang mampu menjawab tantangan dan isu-isu strategis eksternal.


“Saya atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang mendapatkan predikat SAKIP RB baik itu B, BB, A dan AA karena telah sungguh-sungguh melakukan berbagai upaya dalam perbaikan sehingga tercipta birokrasi berdaya saing yang mampu menjalankan semua program pemerintah secara efektif dan efisien”, tutupnya. (***)

TerPopuler