Pariaman Timur Wakili Kota Pariaman Jadi Kecamatan Statistik

Pariaman Timur Wakili Kota Pariaman Menjadi Kecamatan Statistik. Kepala Dinas Kominfo Hendri saat memberikan sambutan. Fhoto : TC


PARIAMAN---Kecamatan Pariaman Timur kita jadikan perwakilan Kota Pariaman menjadi kecamatan statistik untuk program Desa/Kelurahan dan Kecamatan Statistik Propinsi Sumatera Barat. 


" Hal tersebut kami lakukan karena kami melihat Kecamatan Pariaman Timur progresnya sudah cukup bagus untuk hal tersebut,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri dalam acara Sosialisasi Pembentukan Nagari/Desa/Kelurahan Statistik Kota Pariaman Tahun 2021, yang digelar di Aula Pertemuan Kantor Camat Pariaman Timur , Jumat (21/5).


Hendri mengatakan untuk Kota Pariaman semua infrastruktur sudah tersedia, dan beberapa aplikasi yang memakai tekhnologi juga sudah di eksekusi di Kecamatan Pariaman Timur dan Kota Pariaman. 


Jadi dengan demikian kecamatan Pariaman Timur kita usulkan ke Propinsi Sumatera Barat sebagai pilot projek Kecamatan Statistik.


“Saya melihat program ini sangat bagus sekali , karena kita telah bertransformasi dari sistem konvensional menjadi data yang berbasis teknologi informasi, artinya Bapak/Ibu Kepala Desa bisa mengakses semua potensi yang ada di desa melalui sistem tekhnologi digitalisasi. Apabila kita tidak ikut dengan kemajuan teknologi maka kita akan tertinggal dari yang lainnya,” terang Kadis Kominfo ini.


Pencanangan Desa Statistik ini sangat penting dalam meletakan pondasi untuk mewujudkan satu data Indonesia, karena tidak mungkin hal tersebut bisa terwujudkan jika wilayah-wilayah administrasi di dalamnya masih belum sadar data. 


"Jadi untuk mewujudkan semua itu dimulai dari yang terkecil dahulu yaitu pembentukan desa statisti," ulasnya.


Dari desa statistik inilah setiap kegiatan dan aktivitas warga dan masyarakatnya baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya dan aktivitas lainnya akan dicatat sebagai sebuah data dan dikelola menjadi informasi yang sangat berguna dalam berbagai kebijakan.


“ Untuk itulah kami menerapkan Desa Statistik di Kecamatan Pariaman Timur ini akan menjadi proyek percontohan kita untuk Kota Pariaman nantinya. Seluruh Desa di Pariaman Timur akan kita bimbing menjadi Desa Statistik sehingga nantinya kecamatannya secara otomatis akan menjadi kecamatan statistik. Program Desa / Kelurahan / Kecamatan Statistik ini akan dilounching oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Kepala BPS RI pada tanggal 28 Mei 2021 di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat,” jelas Hendri.


“Saya berharap hal ini akan terwujud untuk menjadikan Kecamatan Pariaman Timur sebagai projek percontohan Kecamatan Statistik, bahkan kalau bisa kita akan mewujudkan Kota Pariaman menjadi Kota Statistik karena kecamatan kita cuma ada empat, desa kita ada 71 dan ini memungkinkan kita untuk menjadi Kota Statistik pertama di Indonesia,” tambah Kadis Kominfo ini.


Hadir dalam acara sosialisasi tersebut Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Layanan Kominfo/Statistik Sektoral Diskominfo Provinsi Sumatera Barat Oni Fajar Syahdi, MMA bersama rombongan.


Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman Yuliandri, Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Pariaman Eka Putra Pernanda, Camat Pariaman Timur M. Arif Gunawan,  Kasi Statistik Sektoral Diskominfo Kota Pariaman Revi Gusnita, dan diikuti juga oleh Kepala Desa se Kecamatan Pariaman Timur. (tc/harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.