Walikota Pariaman Genius Umar Salurkan BLT Dana Desa di Punggung Lading -->

Walikota Pariaman Genius Umar Salurkan BLT Dana Desa di Punggung Lading

Sabtu, 01 Mei 2021, 17.18.00
Walikota Pariaman Genius Umar Menyerahkan Secara Simbolis BLT Dari Dana Desa


PARIAMAN SELATAN---Pemerintah Desa Punggung Lading menyalurkan bantuan lansunng tunai (BLT) sebanyak 50 warga yang diserahkan langsung  secara simbolis oleh  Walikota Pariaman Genius Umar bertempat Kantor Desa Punggung Lading, Sabtu (1/5).


" Hari ini kita menyalurkan  BLT Dana Desa untuk Tahun 2021 secara simbolis. Ada 4 (empat) desa yang disalurakan hari ini secara simbolis yaitu Desa Rawang Kecamatan Pariaman Tengah, Desa Pauh Barat Kecamatan Pariaman Tengah, Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan dan Desa Simpang Jagung Kecamatan Pariaman Selatan, “ kata Walikota Pariaman Genius Umar usai menyalurkan BLT tersebut.


Adapun kriteria penerima BLT DD Tahun 2021 antara lain, tidak masuk data Basis Data Terpadu (BDT), lansia dan penyakit menahun. BLT tersebut akan dicairkan melalui Bank Nagari. Untuk tahap awal akan disalurkan 1 (satu) bulan dengan besaran Rp 300 ribu


“Proses pencairan BLT DD Tahun 2021 disalurkan melalui Bank Nagari Pariaman. Untuk pertama akan disalurkan Bulan Januari 2021 dengan besaran yang diterima Rp300 ribu, dan bila cepat diselesaikan proses administrasinya bisa langsung diurus proses pencairan bulan selanjutnya. Ada 42 Desa di Kota Pariaman yang akan menyalurkan BLT ini sampai Bulan April 2021, 13 desa lainnya masih dalam proses pencairan, “ujarnya.


Genius juga menekankan kepada semua kepala desa di Kota Pariaman agar segera menyalurkan BLT DD Tahun 2021 ini agar semua masyarakat bisa merasakan dan menggunakan uang tersebut untuk kepentingan menjelang lebaran. KPM merupakan warga telah didata oleh pihak desa dan layak menerima bantuan sehingga BLT DD akan menjadi tepat sasaran.


" Kemudian setiap desa agar mempercepat proses administrasi BLT ini sehingga untuk Bulan Februari, Maret dan April bisa disalurkan selanjutnya, sehingga KPM betul - betul bisa menggunakan dengan sebaik mungkin dan merasakan manfaat BLT apalagi menjelang idul fitri," katanya mengakhiri.


Pj. Kepala Desa Punggung Lading Hendri Saputra  mengatakan BLT Dana Desa ini akan dibayarkan sebanyak 50 orang kriterianya pertama mempunyai KK Punggung Lading, yang kedua sakit menaun,  yang ketiga tidak mempunyai pekerjaan atau hilang pekerjaan dan yang lain-lainnya mungkin melihat kondisi atau keadaan masyarakat penerima BLT tersebut.


Kemudian sesuai dengan instruksi Walikota tersebut, maka kita sampai menjelang hari lebaran kita akan mencairkan tiap bulan, tetapi untuk sementara ini Insya Allah hari Senin kita akan melakukan pembayaran BLT selama satu bulan yang biayanya sebanyak Rp300.000 dan.


"  Selain itu kami mengharapkan kepada penerima BLT yang tidak tercantum namanya di BLT yang di tahun 2020 sebanyak 167 orang yang sekarang hanya menerima 50 Karena kita dibatasi oleh aturan,"  ujar Hendri.


Pewarta : Harsy Warsilah

TerPopuler