Sukses Wujudkan Peningkatan Tata Kelola Pembangunan dan Keuangan, Walkot Genius Umar Terima Penghargaan dari BPKP

Walikota Pariaman Terima Penghargaan dari BPK


PARIAMAN--- Walikota Pariaman, Genius Umar Terima Penghargaan dalam pencapaian Kapabilitas APIP Level 3 untuk Inspektorat Kota Pariaman dari Deputi Kepala BPKP (Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan) Bidang Investigasi RI, Agustina Arumsari, dimana Genius Umar dinilai berhasil sebagai Kepala Daerah, dalam mewujudkan peningkatan tata kelola Pembangunan dan keuangan di daerah yang dipimpinya. 


Penghargaan ini diterima dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan Daerah yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, dengan mengambil tema Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan dan Pembangunan Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam program ketahanan pangan di wilayah Sumatera Barat, bertempat di Auditorium Gubernur Sumatera Barat, Kamis (3/6). 


Rakor ini juga diikuti oleh Kepala Satgas KPK RI,  inspektur III irjen Kemendagri, Kepala BPKP Provinsi Sumbar, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar, Walikota dan Bupati serta Kepala Inspektur se Provinsi Sumatera Barat. 


Walikota Pariaman, Genius Umar menyambut baik Penghargaan ini, karena menjadi modal dan pembuktian bagi Kota Pariaman sebagai yang terbaik dalam hal Akuntabilitas Keuangan daerah yang ada di Provinsi Sumatera Barat. 


Usai menerima penghargaan Genius Umar mengatakan bahwa Kapabilitas APIP yaitu kemampuan untuk melaksanakan tugas–tugas pengawasan yang terdiri dari tiga unsur yang saling terkait yaitu kapasitas, kewenangan, dan kompetensi SDM APIP, kemudian yang harus dimiliki APIP agar dapat mewujudkan peran APIP secara efektif, ulasnya. 


Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dengan telah diperolehnya Kapabilitas APIP level 3 ini, berarti kemampuan APIP di lingkungan Inspektorat Kota Pariaman telah sanggup melakukan penilaian tentang efisiensi, efektivitas, dan ekonomis terhadap suatu kegiatan, begitupun dengan kemampuan memberikan konsultasi pada tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian internal,” ungkap Genius. 


"Kami berkomitmen untuk menjadikan pemerintah Kota Pariaman yang bersih, good goverment dan clean government, sehingga kita terhindar dari tindak korupsi yang merugikan negara dan daerah, serta menciptakan pembangunan yang efektif dan efisien demi kesejahteraan masyarakat kita," tuturnya. 


Selain itu Genius Umar juga mengungkapkan bahwa saat ini Kota Pariaman telah menjelma menjadi Kota yang diperhitungkan di bidang Pariwisata maupun inovasi daerah, baik di Sumatera Barat, regional, nasional dan internasional.


Lulusan S3 IPB ini juga sangat konsen dalam mewujudkan ketahanan pangan di daerah yang dipimpinnya. 


"Kota Pariaman telah memulai program Zero Lahan Tidur, dengan mengaktifkan Petani milenial dan mubaligh bertani, sehingga kita harapkan dengan meningkatnya produksi pertanian kita, akan tercipta ketahanan pangan di daerah kita, dan peningkatan ekonomi masyarakat, " tutupnya. (Rel/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.