Desa Koto Marapak Juara Pertama Pada Lomba Video Kreatif

Walikota Pariaman Menyerahkan Hadiah Kepada Desa Koto Marapak


PARIAMAN--- Desa Koto Marapak, Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman menjadi Juara Pertama pada Lomba Video Kreatif antar Desa/Kelurahan se Kota Pariaman Tahun 2021 yang digagas oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman. Penyerahan hadiah Lomba Video Kreatif untuk kedua kalinya tersebut digelar di Rumah Tabuik Pasa, Jumat (2/7).


Acara ini juga diikuti secara live melalui zoom meeting oleh Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) RI, DR. Muhamad Neil EL Himam, M.Sc dari Jakarta. Hadir secara langsung Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Sekdako Pariaman, Yota Balad, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny Lucyanel Genius, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono dan jajaran kepala OPD, camat, kepala desa/lurah se Kota Pariaman.


Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono dalam sambutannya mengatakan, pada lomba video kreatif tahun 2021 ini berbeda dengan tahun sebelumnya yakni dengan tema Seni Budaya dimana peserta ditantang untuk menonjolkan potensi seni dan budaya yang ada di desa/kelurahannya masing-masing baik berupa musik, tari dan bahkan petatah petitih adat serta kerajinan khas daerah juga ditampilkan.


Pemenang Lomba Video Kreatif untuk Kategori Terbaik berdasarkan hasil penilaian dewan juri ialah sebagai berikut, untuk Juara Pertama diraih oleh Desa Koto Marapak, Kecamatan Pariaman Timur, Juara Kedua Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur dan Juara Ketiga diraih oleh Desa Naras I, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman.


Sedangkan, untuk Juara Terbaik untuk Kategori Favorit dinilai berdasarkan jumlah tayangan terbanyak di platform YouTube Channel masing-masing desa dan kelurahan.


Untuk Juara Favorit I diraih oleh Desa Batang Kabuang dengan jumlah tayangan 63.000 kali ditonton, sedangkan Juara Favorit II diraih Desa Air Santok dengan jumlah tayangan 7.300 kali ditonton.


"Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai, piagam dan piala, sedangkan juara Terbaik Pertama mendapatkan hadiah tambahan Tour ke Lombok selama 3 hari," jelas Marhen mengakhiri.


Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman yang dinilai sebagai Desa Digital (DeDi) terbaik di Kota Pariaman. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.