Walikota Pekanbaru Firdaus : Kota Pariaman Menjelma Jadi Kota Tujuan Wisata Indonesia -->

Walikota Pekanbaru Firdaus : Kota Pariaman Menjelma Jadi Kota Tujuan Wisata Indonesia

Jumat, 02 Juli 2021, 08.06.00
Walikota Pekanbaru Firdaus Menyerahkan Plakat Pekanbaru Kepada Walikota Pariaman Genius Umar Saat Kunjungan Muhibah ke Kota Pariaman Kamis 1 Juli 2021 di Pandopo Walikota Pariaman


PARIAMAN---Walikota Pekanbaru, Firdaus Puji Walikota Pariaman, Genius Umar. Hal ini ia sampaikan pada Gala Diner yang diadakan Pemerintah Kota Pariaman, menyambut kunjungan Pemerintah Kota Pekanbaru, di balairung rumah dinas walikota, Kamis malam (1/7).


"Semenjak ditangan Genius Umar, Kota Pariaman menjelma menjadi kota tujuan wisata di indonesia, dan begitupun dengan warga Kota Pekanbaru, yang banyak tiap akhir pekan berwisata ke Kota Pariaman," ujar Firdaus.


Ketua APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh indonesia) Komisariat Wilayah (Komwil) I ini, juga mengatakan bahwa Sumatera Barat umumnya dan Kota Pariaman khususnya memiliki potensi wisata alam dan budaya yang lebih beragam dari Kota Pekanbaru, dan ini menjadi nilai tambah bagi Kota Pariaman agar dapat memaksimalkanya.


"Kota Pekanbaru dan Kota Pariaman telah memulai kerjasama sejak tahun 2020 yang lalu, dan di Tahun 2021 ini, semakin kita tingkatkan dengan melibatkan beberapa OPD di masing-masing daerah, dan dalam kunjungan malam ini, kami membawa semua Kepala OPD untuk menindaklanjuti hal tersebut," tukas walikota Pekanbaru 2 Periode ini.


Ia juga menuturkan, bahwa Wako Pariaman, bukan hanya namanya saja yang Genius, tetapi juga pergaulan dan lobinya ke pusat juga Genius, dimana banyak anggaran dari Pemerintah pusat yang dapat ditarik ke Kota Pariaman, sehingga sangat membantu membangun kota yang sedikit mempunyai PAD (Pendapatan Asli Daerah) ini, ulasnya.


Lebih lanjut Firdaus juga menilai, keberadaan jalan tol Pekanbaru-Padang, nantinya akan membantu akses jalur Provinsi Riau dengan Provinsi Sumatera Barat, dan keberadaan jalan tol ini, akan menguntungkan Kota Pariaman sebagai kota wisata dan kota persinggahan.


"Kami mendukung terus proses percepatan jalan tol ini, agar bisa segera selesai pembangunanya, sehingga akan berdampak bagi kedua daerah. Saya sebelum berakhirnya safari kunjungan kerja ke Sumatera Barat ini, tidak afdol kalau belum ke Kota Pariaman, karena malam ini samapi besok, kami akan berada di Kota Pariaman," tukasnya.


Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi kunjungan Pemerintah Kota Pekanbaru ke Kota Pariaman, dimana dipimpin langsung oleh Walikota Pekanbaru beserta keluarga, Asisten dan seluruh kepala OPD serta Camat dari Kota Pekanbaru.


“Berdasarkan data kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman, ada sekitar 80 persen kunjungan wisatawan setiap minggunya, berasal dari Kota PekanBaru, karena itu, kami kemaren menggelar Launching Calender of Event (CeO) Kota Pariaman di Mall Ska Kota Pekanbaru,” ucapnya.


Lebih lanjut disampaikanya, pihak Pemko Pariaman menyambut baik kunjungan ini, sehingga kerjasama antar dua daerah, dapat berjalan dengan baik, dan apa kiat-kiat Kota Pekanbaru dalam menata kota dan investasi di daerahnya, dapat kami contohh dan tiru nantinya, tutup Genius.


Acara Gala Diner ini diawali dengan jamuan makan malam, serta disuguhkan tari selamat datang oleh Sanggar Mustika Minang Duo, dan diakhir dengan saling bertukar cenderamata dan melihat kerajinan sulaman Mayang yang diserbu oleh Jajaran Pemko Pekanbaru yang datang. (R/Harsy)

TerPopuler