Kominfo Kota Pariaman Gelar Bimtek Digitalisasi Desa/Kelurahan -->

Kominfo Kota Pariaman Gelar Bimtek Digitalisasi Desa/Kelurahan

Selasa, 10 Agustus 2021, 14.45.00

Pembukaan Bintek Oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri

PARIAMAN --- Untuk mendigitalkan data-data wilayah desa dan kelurahan, termasuk peta, batas antar desa/kelurahan dan batas antar dusun di desa yang ada di Kota Pariaman, Dinas Kominfo Kota Pariaman melalui Bidang Statistik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Digitasi Desa/Kelurahan dan Kecamatan Statistik Kota Pariaman Tahun 2021 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman, Selasa (10/8). 


Bimtek ini difasilitasi oleh Dinas Kominfo dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat sebagai sumber data dan dibantu oleh mahasiswa magang Universitas Negeri Padang (UNP) yang telah mendigitasi desa di Kecamatan Pariaman Timur.


Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo Kota Pariaman, Nofrizal Nur mengatakan, Dinas Kominfotik Sumbar melalui mahasiswa magang UNP telah membantu mendigitasi data-data desa-desa di Kecamatan Pariaman Timur.


“Agar data-data/peta-peta tersebut sesuai dan sinkron dengan kondisi desa yang sebenarnya, maka perlu dibahas bersama dengan kepala desa/aparatur desa yang memahami kondisi masing-masing desa. Untuk itu setiap desa diharapkan membawa peta/data pendukung yang ada di setiap desa untuk  disingkronkan ," ujarnya.


Pertemuan ini juga sekaligus mendalami penggunaan Aplikasi Google Earth Pro, aplikasi yang mudah dan tidak berbayar. Dengan menggunakan aplikasi ini data akan menjadi lebih akurat, seperti luas wilayah, luas kawasan, luas batas antar desa didalam kecamatan, batas dusun didalam satu desa, karena dibuat oleh pemerintah desa itu sendiri.


"Sejak tahun 2017 Kota Pariaman sudah memiliki Perwako tentang desa dan batas desa diseluruh wilayah Kota Pariaman.  Berdasarkan peta itulah para operator desa dan penanggungjawab data statistik di desa dan kelurahan di Kecamatan Pariaman Timur termasuk perwakilan desa dan kelurahan di tiga kecamatan lainnya dilakukan bimtek hari ini ," tukas pria yang akrab disapa Pak Ujang ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri berharap setelah bimtek ini dilakukan masing-masing desa dapat membuat data yang lebih akurat, lebih terstruktur, lebih mudah dicari dan didapatkan setiap saat. Karena data itu bersifat dinamis, setiap waktu data itu bisa berubah.


“Setelah bimtek ini dilaksanakan maka Dinas Kominfo dalam pelaksanaan data statistik sektoral di desa dan kelurahan masing-masing juga akan memfasilitasi membuat layanan konsultasi desa statistik, artinya mereka bisa datang kesini untuk bertanya jawab. Setelah itu kita akan melakukan bimbingan atau pembinaan ke desa masing-masing secara roadshow dan berkelanjutan. Memantau sudah berapa kemajuan atau progres digitasi di desa masing-masing ,” tutup Hendri.


Turut hadir, Kabid Pelayanan Kominfo/Statistik Sektoral, Oni Fajar Syahdi, Camat Pariaman Timur Muhammad Arif Gunawan, Pengelola Data Statistik Kecamatan Pariaman Timur (Penetapan Kecamatan Statistik), Pengelola Data Statistik desa-desa se Kecamatan Pariaman Timur (Penetapan Kecamatan Statistik), Kelurahan Kp. Perak sbg perwakilan Kec. Pariaman Tengah, Desa Padang Cakur sebagai perwakilan Kec. Pariaman Selatan dan Desa Sikapak Timur perwakilan Kec. Pariaman Utara. (R/Harsy)

TerPopuler