-->
  • Jelajahi

    Copyright © Bangun Piaman.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Seminar Fraksi PKS MPRI, Ketua BPIP Yudi Latif : Pancasilais Orang Minang Jangan Diragukan

    Redaksi
    Sabtu, 23 Oktober 2021, 19.20.00 WIB Last Updated 2021-10-23T12:26:52Z

     

    BUKITTINGGI----Anggota Komisi VII MPR RI Ir. Tifatul Sembiring  menghadiri Seminar Fraksi PKS - MPR R.i dengan tema "Bagaimana Orang Minang Mempratekkan Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari" di Istana Bung Hata Bukittinggi Sabtu (23/10/2021)


    Juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar H. Mahyeldi Anshrullah.,SP, Ketua BPIP R.i Periode 2018  Prof Yudi Latif, Wakil Walikota Bukittinggi Buya  Marfendi, Datuak Basa Balimo serta Budayawan Ranah Minang Yus Datuak Parpatiah.


    Pada kesempatan itu Tifatul Sembiring mengatakan, orang minang identik dengan surau,pusako tinggi,mesjid dan sawah ladang dan rumah gonjong tempat bermusyawarah dan menghargai pendapat seperti niniak mamak,alim ulama dan cadiak pandai.


    "Polemik ucapan Ketua DPR R.I Puan Maharani menilai bahwa Orang minang tidak Pancasilais karna bisa jadi tidak mendukung PDIP hanya perbedaan bahasa saja atau gestur saja sebaliknya orang minang sudah biasa dengan sindirin,"ungkap Tifatul.


    Bahkan saya melihat pernyataan puan tidak dibungkus dengan baik sehingga menimbulkan multi tafsir berbeda bahkan dengan kasus terjadi puan semakin populer dengan sebutan "tekpuan".


    "Sekarang cukuplah jangan diperpanjang lagi dan hati hati dalam  bertutur bahasa dan generasi muda dekat ke ajaran agama,  bahkan masih banyak lagi perlu dibahas dalam kerangka konsensus bingkai NKRi," jelasnya.




    Sementara itu Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah.,SP menyebutkan, kegiatan ini merupakan strategis bagaimana melihat keyakinan orang di ranah minang tetap solid keberadaan pancasila selama ini diperbincangkan bahkan orang minang tidak bisa dipisahkan ibarat aur dengan tebing.


    Walaupun etnis minang di indonesia 4 persen namun bisa melahirkan tokoh tokoh luar biasa, bahkan di indonesia belum ada ditemui perkampungan orang minang karena mereka mudah menyatu dan bisa hidup berdampingan dengan  segala keragaman.


    Hal senada disampaikan Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP) 2018 Prof. Yudi Latif bahwa masyarakat minang sudah mempunyai tradisi kuat didalam mengembangkan nilai nilai pancasila.orang minang penganut pancasila tidak perlu diragukan.


    "Kita bisa melihat tokoh asal minang Sumatera Barat mewakili hampir seluruh istilah pancasila, bahkan negara ini sumbangsihnya banyak dipertaruhkan dari ranah minang melalui pergumulan cukup panjang dan nilai pancasila hidup dalam budaya masyarakat minangkabau, bahkan secara "after all "bisa diajak bicara mewujudkan demokrasi yang tidak usah diperdebatkan ," harapnya.(nas)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini