-->
  • Jelajahi

    Copyright © Bangun Piaman.Com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gerakan Keluar Bersih, Tantang Konsisten Daerah

    Redaksi
    Rabu, 17 November 2021, 16.28.00 WIB Last Updated 2021-11-17T09:29:50Z

     


    BUKITTINGGI---Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat,Rabu (17/11/2021) bertempat di istana Tri Arga Bung Hatta Bukittinggi mengadakan Festival Clean, Healthy, Safety and Environmental (CHSE).


    Acara dibuka Staf Ahli Gubernur Sumbar Muhammad Yani mewakili Gubernur serta dihadiri Kadis Pariwisata Sumbar Novrial.,SE.Ak.MA serta Bupati / Kab.Dalam kegiatan Festival CHSE juga dilakukan Launching Gerakan Keluar bersih serta Lomba Penerapan CHSE, Penilaian DTWU Sumbar dan Kompetisi Pelayanan Prima dan inovasi Pelayanan Publik.


    "Bagaimana kita bisa membenahi diri dan meningkatkan fasilitas dibidang pariwisata dan pemberdayaan masyarakat secara konsisten, terpadu  dan terukur dengan mengedepankan Sapta Pesona,"ungkap yani.


    Partisipatif aktif sangat ditekankan menjadi unggulan pariwisata di sumbar tentunya meningkatnya pendapatan masyarakarakat dan dari kegiatan ini setidaknya Sumbar bisa lebih baik dalam membudayakan hidup bersih sejak dini terutama toilet bersih di Rumah makan maupun objek wisata menjadi kebutuhan diluar.


    Hidup bersih bukan sekedar slogan namun diaplikasikan dalam kehidupan nyata bahkan mindset mengelola wisata harus dari kita sendiri budaya bersih di propinsi sumbar.


    Sementara itu Wakil Wali Kota Solok DR. Ramadhani Kirana Putra,SE.MM sampaikan pihaknya konsisten menjadi Kebersihan di tempat wisata sehingga sesuai harapan menjadi hari ini (17/11) menjadi Kawasan Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Tahun 2021.


    Juga hal senada disampaikan Kabid Desinasi Disparpora Bukittinggi Siti Mariah.,S.Sos, tahun ini walaupun tahun ini kita mendapatkan juara 2 pada 3 kategori (Toilet Bersih di Daerah Destinasi Ngarai Sianok,  Toilet Bersih di Rumah Makan Simpang Raya dan  Penerapan CHSE no runner up) namun ditahun deoan kita upaya menjadi pemuncak.


    Untuk juara 1 Penerapan Penerapan CHSE pada Kawasan DTWU yakni; Pusat Dokumentasi dan Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang, Sedangkan Kategori Toilet Bersih di raih objek wisata Harau 50 Kota, Dibagian kategori Toilet Bersih di kategori Rumah Makan DTWU disabet Rumah Makan Old Town Kota Padang.


    Dibagian Kategori Toilet di Mesjid Kawasan DTWU Mesjid Al Hakim Kota Padang sedangkan secara total Geopark Singkarak Danau Kembar Kabupaten Solok sebagai Kawasan Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Tahun 2021.


    Untuk kompetensi Pelayanan prima OPD Propinsi diraih UPTD Panti Sosial Bina Remaja Harapan Padang Panjang mendapatkan uang pembinaan 12 juta dan Untuk Untuk kompetensi Pelayanan prima OPD kab / Kota diraih Disduk Capil Sawah lunto.


    Juga untuk esok hari 18-19 November Disparpora Sumbar mengadakan Rakor Pariwisata di Pendopo Kediaman Rumah Dinas Wali Kota Bukittinggi di Jalan Perwira Belakang Balok diikuti Kabupaten/Kota. (KH)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini