Atas Rekom Dirjen Dukcapil, Hari Ini Dua Sekda Belajar Adminduk Secara Online ke Disdukcapil Padang Pariaman


PADANG PARIAMAN---- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman menerima kunjungan dari dua Sekretaris Daerah Kamis (09/12/2021). 



Dua Sekda tersebut, berasal dari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Ir.Endang Abdul Naser dan Sekretaris Daerah Kota Blitar Provinsi Jawa Timur Priyo Suhartono, S.Sos, M.Si.


Dua daerah melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria, dalam rangka benchmarking pelayanan publik administrasi kependudukan (Adminduk) secara online yang telah diterapkan oleh Disdukcapil Padang Pariaman sejak 2019.


Kedatangan kedua Sekretaris Daerah ini, diterima langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Muhammad Fadhly. AP, MM didampingi oleh Sekretaris Dinas, Drs. Martoni, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Fauzi Al Azhar, SAP, MAP, Kasubag Umum dan Kepegawaian Rina Angriani, S.Kom, dan Kasi Identitas Penduduk Nelda Arliza, SE,  di Prisma Room Dukcapil Ceria.  


Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Ir. Endang Abdul Naser menyampaikan maksud kunjungan tim Pemerintah Kabupaten Sarolangun. Karena dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan, diperlukan peningkatan kualitas pelayanan dengan dukungan teknologi informasi.


Padang Pariaman, katanya, merupakan referensi dalam pengelolaan layanan administrasi kependudukan, yang didukung dengan penggunaan teknologi informasi. 


" Tadi saya sudah melihat bagaimana proses pelayanan di Nagari Balah Aie Kecamatan VII Koto. Dalam diskusi bersama aparatur di nagari, tim disdukcapil menanyakan tentang pelaksanaan layanan online dan penggunaan aplikasi SIAK oleh Nagari. Kami juga telah mendengarkan penjelasan dari Rhevi Aliza sebagai admin Nagita, yang menjelaskan tentang tugas fungsi admin Nagari dan pemanfaatan aplikasi SIAK dalam pelayanan Dukcapil Ceria Mobile maupun bagi penyelenggaraan Pemerintahan Nagari," ungkap Naser.


Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono dalam sambutannya  menyampaikan tentang keinginan untuk mendalami pengelolaan layanan administrasi kependudukan secara daring.


“Kunjungan kami ke Disdukcapil Padang Pariaman merupakan catatan rekomendasi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakhrullah. Dimana beliau menyampaikan, untuk proses pengelolaan layanan bisa belajar kepada Dukcapil Padang Pariaman,” tuturnya.


Dalam pemaparan presentasi, Fadhly menjelaskan tentang perkembangan penerapan layanan adminduk berbasis teknologi informasi. Inovasi layanan ini dinamakan Nagari Go Digital (Nagita).


"Nagita dikembangkan berbasis web dan berbasis android. Pengembangan pelayanan dilakukan melalui kolaborasi bersama Pemerintah Nagari. Kolaborasi telah dilaksanakan bersama 103 Nagari sejak Oktober 2019," ucap Fadhly.


Turut hadir dalam pertemuan itu, Sekretaris Kota Pariaman, Yota Balad, S.STP, MM, Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman Dwi Marhen Wahyono, S.STP, MM, dan Ketua Tim yang melakukan kunjungan ke Dukcapil Ceria dari Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Hazrian, SE M.Si Asisten Administrasi, Riduan, S.STP, ME, Kepala Disdukcapil Kabupaten Sarolangun, Eva Susanti, SIP, Kabid Pencatatan Sipil, Rita Kartika Sari Dewi, SIP, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Rumiarni Zaiyar, S.Kom.,M.Si, Kasi Kerjasama Dewi Sri Suryati, S.Pd, Kasi Kematian, Perub. Stat. Anak Parida Ariani, Kasi SIAK Harmoko, SH, Kasi pendataan penduduk Reza Lesmana, Kasi Pengelolaan dan penyajian Data

Lauhul Mahfuz, SH, Kasi tata kelola, SDM dan TIK Fatmawati, Kasi pindah datang Novia Contesa, Kasubbag Perencanaan Hendry Winaldy, Kasi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan Vanesha Moliza, kasubag keuangan dan aset Zulhendri, S.Km, Kasi Perkawinan dan Perceraian.


Sedangkan dari Kota Blitar Provinsi Jawa Timur Imam Muslim, S.Pd, M.Si, Kepala Disdukcapil Pendik Dwi Prasetiyo, S.STP, Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Eko Yuli Sugianto, AP., M.Si, Kasubag Umum dan Kepegawaian Wahyu Budi utomo, SE Kasi Kelahiran Benny Yuliarto, A.Md, dan Administrator Database.(Prokopim)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.