Bagi Masyarakat Yang Akan Divaksin, Kini RSUD Padang Pariaman Sediakan Konsultasi Kesehatan Gratis


PARIT MALINTANG
---Dengan masih rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten Padang Pariaman, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Pariaman menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19, Senin (27/12/2021) sekaligus menyiapkan strategi percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 bersama seluruh instansi terkait dan lintas sektor.


Hadir dalam acara itu, Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Jasneli, MARS. Kapolsek 2x11 Enam Lingkung Iptu. Pol. Zamzami, Danramil 04 Sicincin diwakili Serma Azwir dan Wali Nagari Parik Malintang Sudirman beserta wali Korong setempat.


Wali Nagari Parik Malintang Sudirman mengatakan, sebelumnya di RSUD Padang Pariaman, hampir setiap hari membuka gerai vaksin. Pada hari ini, gebyarnya bagi masyarakat yang melakukan vaksin karena pulangnya membawa sembako.


"Saya selaku Wali Nagari Parik Malintang, menghimbau masyarakat sekitar khususnya warga nagari Parik Malintang. Agar mau untuk divaksin, karena sesuai aturan dari Pemerintah Pusat vaksin sudah diwajibkan sampai ke daerah-daerah termasuk di Nagari," jelasnya.


Dikatakan, bagi masyarakat yang mau melakukan pengurusan surat-surat atau administrasi kependudukan, wajib melampirkan sertifikat vaksin. Begitu juga di Nagari Parik Malintang.


"Berhubung sekarang vaksin masih gratis, ayo kita melakukannya. Karena di tahun 2022 mungkin bisa saja berbayar. Yakinlah bahwa vaksin itu sehat dan halal, karena sudah dijamin oleh BPOM dan MUI," ungkap Sudirman.


Sementara itu, Direktur RSUD Padang Pariaman dr. Jasneli MARS menyebutkan,  untuk percepatan dan peningkatan capaian vaksinasi Padang Pariaman, seluruh jajaran di RSUD selalu siap dengan pelayanan yang prima. Baik dalam melakukan vaksinasi maupun layanan kesehatan lainnya. 


"Kita akan melakukan gebyar vaksin di RSUD setiap hari, hingga tahun baru. Selain mendapatkan vaksin dan sembako gratis, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi secara gratis dengan dokter-dokter spesialis yang ada di RSUD," kata Jasneli.


Setelah selesai layanan vaksinasi, dr. Jasneli melaporkankan. Jumlah masyarakat yang di skrining sebanyak 369 orang dan yang mendapat vaksinasi berjumlah 342 orang, sebanyak 27 orang ditunda pemberian vaksinnya. 


Dengan rincian, Vaksin dosis 1 berjumlah 201 orang, Vaksin dosis 2 sebanyak 127 orang dan untuk Vaksin dosis 3 diikuti sebanyak 14 orang tenaga kesehatan.


"Sementara Vaksin yang dipakai kali ini, adalah merek Sinovac doubledose, Pfizer, Moderna dan Astra Zeneca. Dengan Vaksinator sebanyak sepuluh orang, 2 dokter dan 8 orang perawat dan bidan," kata Jasneli.


Kapolsek 2x11 Enam Lingkung Iptu. Pol. Zamzami dan Babinsa Nagari Parik Malintang, menyatakan sangat mendukung pelaksanaan Gebyar Vaksinasi di RSUD Padang Pariaman. Mereka selalu siap membantu segala bentuk pelayanan yang dibutuhkan dan menjaga situasi keamanan di lingkungan rumah sakit. (Prokopim/Wis)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.