Kaum Perempuan Harus Punya Peranan Dalam Keterbukaan Informasi Publik

 


BUKITTINGGI----Komisi Informasi Sumatera Barat (KISB) menggelar Bimbingan Teknis untuk Peningkatan Kapasitas Perempuan Mengawal Keterbukaan Informasi Publik di Hotel Novotel Bukittinggi Kamis (9/12/ 2021).


Sekda Kota Bukittinggi Martias wanto, meng apresiasi inisiatif Keterbukaan Informasi ( KI) Sumbar untuk melibatkan peran perempuan dalam mengawal pengamalan UU Keterbukaan Informasi Publik. 


"Sejarah mencatat kaum Rang Gadih, Puti Bungsu dan  Bundo Kanduang selalu punya peran besar dalam pembangunan dan kemashalatan masyarakat, para 'emak-emak' Bukittinggi dan Agam lah yang patungan harta benda untuk membeli pesawat RI pertama,” ujar Martias Wanto pada pembukaan acara.



Dalam Keterbukaan Informasi Publik (KIP), Pemberdayaan perempuan diyakini sebagai solusi cepat dan tanggap dalam memastikan KIP itu terealisasi. 


“Ini bagian ikhtiar KISB bagaimana kaum perempuan harus berada di garda terdepan dalam penerapan UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP),selain itu perempuan kawal KIP ini angin segar bagi KISB untuk memboomingkan keterbukaan informasi publik,” kata Komisioner membidangi kelembagaan Tanti Endang Lestari.


Pada penguatan kapasitas perempuan kawal KIP hadir sebagai pembicara utama Sekdako Martias Wanto dan Tanti dan akademisi yang juga dedengkot Koalisi Perempuan Indonesia Sumbar Rozi dengan moderator Zulwida Rahmayeni, SE, MM. (KH).

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.