Ini Tahapan Pilkades Serentak Kota Pariaman Yang Digelar Februari 2022 Ini

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman Hendri.  

PARIAMAN --- Terkait dengan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022, di 18 Desa yang ada di 3 Kecamatan Kota Pariaman pada tanggal 12 Februari nanti, saat ini sedang berlangsung pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang jumlahnya menurut perkiraan ada sekitar 25 ribuan pemilih tambah 10% untuk 18 Desa yang akan bertarung nantinya di Pilkades serentak.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kota Pariaman Hendri,  Sabtu (29/01/2022) kemarin di Pariaman.


Hendri mengatakan, sebelumnya tahapan itu sudah dimulai dengan pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) dimasing-masing desa.


Selain itu,  juga telah dibentuk panitia di tingkat kota dan tingkat kecamatan sesuai dengan Keputusan Walikota Pariaman Nomor: 325/412/2021.


“Dengan telah terbentuknya panitia  tingkat kota dan tingkat kecamatan, kami berharap semua panitia ini bisa  sama-sama memahami tugas dan wewenang masing-masing, sekaligus memahami bagaimana proses pemilihahan kepala desa di tahun 2021/2022,” kata Hendri.


Hendri menjelaskan sebelum Pilkades serentak dilaksanakan, pada bulan februari nanti juga ada beberapa tahapan yang harus dijalani oleh calon Kades tersebut.


Pada tanggal 5 Februari seluruh Kandidat Calon Kades melakukan penyampaian visi misi mereka, yang akan diadakan di kantor desa masing untuk menghindari terjadinya kerumunan, dan kemungkinan penyampaian visi misi tersebut akan dipandu untuk menghindari debat kandidat atau saling serang.


Berikutnya pada tanggal 6, 7, dan 8 Februari, akan diadakan kampanye yang mana aturan tata tertibnya sudah ditetapkan oleh P2KD, diantaranya tidak boleh melakukan pengerahan massa, tidak boleh menggelar musik yang mengakibatkan terjadinya kerumunan massa yang banyak. ( R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.