Wali Kota Genius Umar Motivasi Siswa SMKN 3 Pariaman, Jangan Takut Menimba Ilmu di Universitas Favorit

 


PARIAMAN --- Wali Kota Pariaman Genius Umar DR.Genius Umar berharap dengan program-program pendidikan yang telah dialuncurkan di Kota Pariaman diharapkan semakin giat anak-anak belajar. Lanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sehingga dapat menjadi generasi yang hebat nantinya.


Hal tersebut disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar ketika bertindak menjadi Inspektur Upacara Bendera di SMA N 3 Pariaman, Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin pagi (17/01/2022).


Genius menuturkan sejak Tahun  2009,  Kota  Pariaman meluncurkan Peraturan Walikota (Perwako) Pariaman Nomor 28 tahun 2009 tentang Pelaksanaan Wajib Belajar  (Wajar) 12 tahun di Kota Pariaman. Artinya biaya pendidikan dari tingkat SD, SMP sampai SMA sederajat dibantu oleh Pemerintah.


"Salah satu Program Unggulan kami sebagai Walikota dan Wakil Walikota Pariaman Periode 2018 – 2023, adalah Pendidikan Gratis dari SD, SMP dan SMA/ SMK," ulasnya.


Dijelaskannya, sejak perpindahan kewenangan SMA/ SMK ke Provinsi, maka Pemerintah Kota Pariaman memberikan bantuan keuangan khusus ke Provinsi Sumatera Barat, yang nantinya untuk membayar pendidikan gratis untuk SMA/ SMK di Kota Pariaman.


Ia juga menuturkan pemberian bantuan Keuangan Khusus ini, adalah cara untuk mewujudkan Wajib Belajar 12 tahun, dengan pendidikan gratis SD, SMP dan SMA/ SMK Negeri di Kota Pariaman. 


" Jadi semua siswa SMA/ SMK yang berasal dari Kota Pariaman tidak di pungut biaya lagi, dan hal ini bukan hanya untuk anak-anak Kota Pariaman saja, tetapi juga anak-anak Kabupaten lainya yang bersekolah di Kota Pariaman," ulasnya.


"Kita juga mempunyai Program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) yang kita luncurkan sejak Tahun 2018 lalu, ini adalah salah satu cara untuk memberikan kesempatan pada putra putri terbaik Kota Pariaman, dari keluarga yang kurang mampu, untuk menempuh jenjang pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi," tambahnya.


Genius juga memotivasi siswa-siswi SMA N 3 Pariaman ini, untuk jangan takut untuk menimba ilmu ke Universitas favorit yang ada di indonesia, walaupun kita berasal dari kota kecil di Sumbar ini, tetapi kita bisa untuk masuk ke universitas terbaik di indonesia. (MCKP/HARSY)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.