Pemko Pariaman Tetapkan Shalat Idul Fitri Akan Digelar di Lapangan Merdeka


PARIAMAN -- Pemerintah Kota Pariaman, Gelar Rapat Penyambutan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) 1 Syawal  1443 H/ 2022 M, dimana dalam rapat ini ditetapkan dan disepakati untuk pelaksanaan sholat ied (Idul Fitri), dilaksanakan di Lapangan Merdeka.


Rapat yang dipimpin oleh Asisten I, Yaminurizal ini menghadirkan Ketua MUI Kota Pariaman, Syofyan Jamal, Perwakilan Kemenag Kota Pariaman, Perwakilan Forkopimda, beberapa Kepala OPD dan stakeholder terkait, bertempat di ruang rapat Balaikota Pariaman, Senin (11/4).


Dalam rapat ini, Yaminurizal mengatakan, bahwa Penetapan 1Syawal menunggu keputusan pemerintah, dan untuk penyelenggaraan sholat idul fitri, dilaksanakan di lapangan Merdeka.


“Kita telah sepakati bersama, berdasarkan keinginan pimpinan dan juga masyarakat, untuk pelaksanaan sholat ied, kita akan laksanakan kembali di lapangan merdeka, dimana lapangan merdeka ini awalnya adalah sentral masyarakat pariaman beraktifitas, termasuk untuk sholat ied,” ujarnya.


Ia juga menginstruksikan agar Kabag Kesra, untuk segera membuat surat kepada Bupati Padang Pariaman, untuk permintaan izin pemakaian halaman kantor Pemerintah Padang Pariaman, karena diyakini, masyarakat yang ingin melaksanakan sholat ied akan membludag.


Terkait cuaca yang tidak bisa ditebak, bila cuaca tidak mendukung, akan disiapkan mesjid-mesjid yang terdekat, dimana ada 5 mesjid yang bisa menjadi alternatif bila hujan, ulasnya.


“dan sebelum cuti bersama, kita akan turun ke lapangan merdeka, yang diikuti oleh semua stakeholder, untuk penentuan arah kiblat dan semua pendukung sholat ied nantinya,” tutupnya. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.