Wali Kota Genius Umar Targetkan SAKIP Tahun 2022 Bernilai "A"


PARIAMAN --- Pemerintah Kota Pariaman targetkan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kota Pariaman Tahun 2022 menjadi nilai A (Memuaskan).


Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar saat membuka acara Kiat-Kiat untuk Peningkatan Nilai Evaluasi SAKIP Kota Pariaman Tahun 2022 di Ruang Rapat Walikota, Rabu (20/4).


“Di Tahun 2021 kemarin, alhamdulillah Kota Pariaman mendapat nilai B (Baik) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) pada penghargaan SAKIP dan RB Award Tahun 2021 (5/4). Maka dari itu, di Tahun 2022 kita targetkan nilai SAKIP Kota Pariaman menjadi nilai A”, ungkapnya.


Genius Umar juga menjelaskan bahwa penilain B yang kemarin itu masih penilaian pada kelembagaan, tetapi OPD nya belum. Kalau sudah dilevel A, individunya atau ASN sudah dinilai.


“Jika semua kinerja atau performance individu itu menjadi komulatif dari kinerja OPD, dan kinerja OPD menjadi komulatif pada kinerja Pemko Pariaman, sehingga tahun depan kita mendapai nilai A”, terangnya.


Lebih lanjut, Genius Umar  menuturkan bahwa SAKIP Kota Pariaman harus ditingkatkan, caranya tentu dengan mengubah mindset ASN dalam bekerja dari mental menghabiskan anggaran menjadi mental memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan.


“Sementara Reformasi Birokrasi (RB) Kota Pariaman masih berada pada nilai CC, untuk mencapai nilai A, Instansi pemerintah dapat memimpin perubahan dalam mewujudkan pemerintahan berorientasi hasil, karena pengukuran kinerja telah dilakukan sampai ke level eselon empat”, imbuhnya.


Ia juga menambhkan bahwa kita harus komitmen dalam peningkatan SAKIP ini, seluruh OPD harus bergerak dan komitmen meningkatkan nilai SAKIP dari nilai B menjadi nilai A dan Reformasi Birokrasi (RB) dari nilai CC menjadi nilai A”, sambungnya.


“Saya minta dukungan agar nilai SAKIP ini meningkat, karena memang keberhasilan Pemerintah Daerah tergantung dari ASN semua. Ketika pencapaian SAKIP kita baik, saya yakin Reformasi Birokrasi kita tercapai”, tukasnya mengakhiri (Rel/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.