Suhatri Bur : Sertifikat Untuk Nelayan Akan Tingkatkan Akses Permodalan


Bupati Suhatri Bur Serahkan Sertfikat Untuk Nelayan

SUNGAI LIMAU,- Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Jum'at (22/07/2022) menyerahkan sertifikat tanah kepada nelayan sebanyak 95 persil serta menyerahkan bantuan untuk nelayan di Nagari Pilubang Kecamatan Sungai Limau. 

Sertifikat tersebut diserahkan di Kantor Camat Sungai Limau yang dihadiri Ketua DPRD Arwinsyah, Anggota DPRD Rahman Rizal, Asisten Zainil, Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam, Sekretaris Dinas Perikanan Anton Wira Tanjung, Camat Sungai Limau Arlis bersama Forkompinca serta Wali Nagari.

Menurut Bupati Suhatri Bur, sertifikat tanah untuk nelayan ini merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dengan BPN. Diharapkan sertifikat untuk nelayan akan meningkatkan akses permodalan agar nelayan agar usahanya bisa  berkembang secara mandiri.



Kemudian untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan juga diserahkan mesin tempel dari DAU sebanyak 14 Unit senilai 600 juta rupiah.

Selanjutnya untuk peningkatan armada penangkapan ikan  pengadaan kapal Fiber 3 GT   sebanyak 18 unit serta perlengkapannnya dengan total dana dari DAK sebesar 1,3 Milyar Rupiah. Diantaranya, Kapal Fiber 18 Unit, Mesin Tempel 18 Unit, GPS 18 Unit Fish Finder 18 Unit, Life jacket 180 Buah

Ditambahkannya, untuk sarana penangkapan Ikan dari APBN adalah Alat Penangkapan Ikan Gilnet Monofilamen sebanyak 50 Paket untuk nelayan batang gasan, senilai 200 Juta Rupiah.

Juga bersumber dari dana APBN, Jalan Rabat beton di kawasan Kalaju Nagari Gasan Gadang sepanjang 100 Meter, senilai 300 Juta Rupiah.

Dari CSR PT. Hutama Karya, Tempat Pembuangan sampah Sementara sebanyak 20 Buah di nagari Gasan gadang senilai 50 Juta rupiah.

Dari APBD Provinsi Sumbar sebanyak 3 Unit Sepeda Motor Roda Tiga senilai 150 Juta rupiah untuk Pedagang ikan serta mesin Tempel 15 PK sebanyak 39 Unit, Rumpon 3 paket dan Mesin 40 PK sebanyak 2 Unit dengan Nilai 2,2 Milyar.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur pada kesempatan itu menyebutkan, pihaknya akan terus bekerja sekuat tenaga untuk mewujudkan Padang Pariaman Berjaya melalui berbagai program, salah satunya di bidang perikanan dan kelautan ini.

Dinas Perikanan beberapa tahun ini terus menunjukkan peningkatan. Baik itu dari segi Peningkatan tata kelola OPD, peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak. Baik itu dengan Pemerintahan Pusat, Pemerintahan Provinsi dan dengan BUMN yang ada di Sumatera Barat.

Hal ini berdampak kepada kepada masyarakat dengan meningkatkannya jumlah bantuan yang diterima Kabupaten Padang Pariaman terutama  pada sektor Kelautan dan Perikanan. (Tim)


Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.