Berbeda dan Unik, SMP Negeri 2 Padang Sago Gelar Lomba Meraut Lidi

 Pewarta : Yahya Efendi

PADANG SAGO,-Dalam rangka memperingati HUT-RI Ke-77, SMP Negeri 2 Padang Sago mengadakan lomba yang beda dari acara-acara pada umumnya. Lomba yang diadakan adalah meraut lidi. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SMP 2 Padang Sago,  Sabtu (13/08/2022)

Lomba ini dikuti oleh siswa sekolah dasar yang berdekatan dengan SMP tersebut,  ada 4 sekolah dasar yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, dimana setiap sekolah boleh mengirim lebih dari satu tim. 

Setiap tim beranggotakan 3 orang, yang mana setiap individu memiliki peran tersendiri. Meraut lidi tersebut mempergunakan alat manual yang sangat sederhana. Lidi yang diraut dalam waktu 10 menit akan ditimbang dan tim yang lebih banyak meraut lidi menjadi pemenang. 

Ide lomba ini dilatarbelakangi atas dasar pembaharuan kegiatan mengisi HUT RI, selain itu juga dapat memberikan nilai edukasi dan nilai ekonomi. 



"Kita mencoba mencari hal baru dalam kegiatan perayaan HUT RI ini. Diman kita mencoba membuat kegiatan yang memiliki nilai edukasi dan ekonomi," kata Kepala SMP Negeri 2 Padang Sago Yulnarita, S. Pd 

Yulnarita menambahkan, pihaknya  berpikir bahwa kegiatan perayaan HUT RI tersebut tidak saja memberikan hiburan kepada peserta didik namun juga diharapkan dapat memberikan manfaat untuk siswa itu sendiri maupun untuk sekolah. 

"Lomba meraut lidi ini dapat mereka aplikasikan setelah ini karena lidi yang sudah diraut tersebut ada pasar yang menampung, sehingga nantinya bisa menambah belanja siswa," lanjut Yulnarita. 

Lomba ini selain bernilai ekonomi juga mengandung kearifan lokal. Dimana bahan baku lidi daun kelapa sangat banyak di kampung ini. Selain lomba meraut lidi juga dilaksanakan lomba K3 dan lomba memasak "sala lauak".

Yulnarita berharap kedepannya sekolah-sekolah yang ada di sekitar wilayah tersebut dapat selalu membangun komunikasi agar kita dapat memberikan manfaat kepada anak didik kita di sekolah.

Yulnarita mengharapkan dukungan seluruh elemen masyarakat yang ada di tempat sekolah tersebut berdiri yaitu Nagari Koto Dalam Barat dan Padang Sago umumnya. Sehingga dapat selalu melakukan kegiatan-kagiatan yang positif. (***)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.