" Ancak Jeng Meli" Prakarya Siswa SMA 2 Pariaman, Masuk Seleksi Final Lomba TTG Tingkat Nasional


PARIAMAN,-Alat Pencetak Kerupuk Jengkol dan Melinjo Model Tuas (Ancak Jeng Meli) Kota Pariaman masuk seleksi final penilaian lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional tahun 2022.

Untuk kategori TTG unggulan, Kota Pariaman satu-satunya yang mewakili Provinsi Sumbar masuk tingkat nasional yakni “Ancak Jeng Meli” prakarya siswa dari SMAN2 Pariaman  yakni Razif Putra Dewilson, Foura Putri Dealini dan Sabrina Oktavia.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar dalam sambutannya sangat mendukung lomba TTG tingkat nasional yang diprakarsai oleh siswa SMAN2 Pariaman dengan nama “Ancak Jeng Meli”.

“Semoga hasil karya TTG ini, bisa digunakan oleh masyarakat yang memproduksi emping melinjo dan jengkol,” ungkapnya.

Dengan karya yang dilakukan oleh siswa tersebut lanjut Genius Umar mendapat dukungan dan menjadi juara ditingkat nasional.

“Kalau mendapat juara ditingkat nasional maka kita jadikan sample serta membuat produk massal untuk Kota Pariaman,” tukas Genius.

Sementara itu, salah satu perancang “Ancak Jeng Meli” Razif Putra Dewison mengatakan bahwa ia sangat senang dan bahagia sekali karena tim juri sangat mengapresiasi bahkan lembaga-lembaga di Kota Pariaman yakni DPMDes, Dinas Pendidikan dan bapak Walikota  Pariaman mendukung dan telah menyediakan tempat bahkan segala persiapan kami dipenilaian TTG kategori unggulan di Kota Pariaman Tingkat Nasional.

“Ancak Jeng Meli merupakan sebuah alat pencetak keripik jengkol dan melinjo yang bertujuan untuk mempermudah para UMKM lebih tepatnya para ibu-ibu yang melakukan pencetakan kerupuk jengkol dan melinjo,” ulasnya.

Razif Putra Dewison juga menjelaskan bahwa alat tersebut berguna untuk membantu mencetak buah jengkol dan melinjo dengan waktu pencetakan lebih singkat, hasil pencetakan lebih rata, biaya rendah dan mudah dibuat serta dipergunakan.

“Semoga alat tersebut dapat meningkatkan pendapatan keluarga, pendapatan daerah dan bahkan pendapatan negara. Kami juga berharap apa yang dipresentasikan tadi kepada tim juri bisa diterima dan juara tingkat nasional," tutupnya. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.