Bappeda Kota Pariaman Luncurkan Inovasi E-SAKIP

Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadhli


PARIAMAN,-Pemerintah Kota Pariaman melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Pariaman, telah meluncurkan Inovasi Elektronik Satuan Kinerja Instansi Pemerintah (E-SAKIP) yang telah diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja  OPD (Organisasi Perangkat Daerah).

“Aplikasi ini  sebagai wujud dari perbaikan terhadap tata kelola pemerintahan daerah, tata kelola perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja daerah, sehingga lebih akurat dan dapat lebih terdata dengan baik,” kata Kepala Bappeda Kota Pariaman Fadhli, Selasa (13/09/2022).

Ia juga mengatakan bahwa dengan diimplementasikan E-SAKIP di Kota Pariaman, maka Bappeda akan dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan kinerja daerah yang terukur. 

" E-SAKIP yang telah kita implementasikan ini, mampu meningkatkan kualitas perencanaan dan pengukuran kinerja daerah dengan tepat, sehingga kinerja tiap OPD dapat kita petakan dan evaluasi, sehingga mendapat hasil yang lebih baik, " ungkapnya.

Fadhli juga mengatakan dengan adanya Inovasi E-Sakip di Pemerintah Kota Pariaman, kiranya dapat meningkatkan nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan), khusus di parameter pengukuran kualitas perencanaan dan pengukuran kinerja daerah, yang dilakukan oleh kementerian  Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN RB), ucapnya.

“E-SAKIP merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklarifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah,” jelasnya.

Fadhli juga menyatakan, E-SAKIP adalah aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah secara elektronik (eSAKIP) yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

“Diharapkan dengan diterapkannya E-SAKIP dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi perencanaan pembangunan, penggunaan anggaran, penyederhanaan birokrasi, serta inovasi dalam bidang pelayanan publik, inovasi dalam penegakan integritas, serta inovasi dalam tata kelola SDM dan penguatan kelembagaan di lingkup Pemerintah,” ulasnya.

Aplikasi ini, menampilkan proses perencanaan kinerja, penganggaran kinerja, keterkaitan kegiatan/sub kegiatan dalam pencapaian target kinerja, dan monitoring serta evaluasi pencapaian kinerja dan keuangan, terangnya.

“Kota Pariaman telah memperoleh penghargaan IGA (Innovative Government Award), dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) selama dua tahun berturut-turut, karena itu, kita berharap dapat mempertahankan kembali IGA ini untuk Kota Pariaman di tahun-tahun berikutnya, dengan berbagai aplikasi yang kita terapkan, salah satunya E-SAKIP ini,” tutupnya. (R/Harsy)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.