Seminar Kepenghuluan, Disdukcapil Padang Pariaman Sampaikan Pentingnya Pencatatan Nikah Terintegrasi


LUBUK PANDAN,-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman melakukan Knowledge Sharing dalam seminar Kepenghuluan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Kabupaten Padang Pariaman. 

APRI Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan seminar sehari dengan tema “Memaksimalkan Pencatatan Nikah Dalam Rangka Mewujudkan Kepastian Administrasi Terintegrasi di Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (13/09/2022). Seminar dilaksanakan di Aula Pondok Pesantren Subulussalam Nagari Lubuak Pandan Kecamatan 2 x 11 Anam Lingkuang.

Dalam paparan materi tim Disdukcapil menyampaikan kebijakan pencatatan perkawinan terintegrasi dengan pencatatan administrasi kependudukan. Pelaksanaan kebijakan terintegrasis didukung dengan penggunaan aplikasi si pakem. 

Disamping itu didukung dengan layanan logistik antar dokumen kependudukan pada hari H pernikahan ke kantor KUA se Kabupaten Padang Pariaman melalui layanan AJEK (antar jemput dokumen kependudukan).

Lebih lanjut tim juga memaparkan tentang kebijakan data status perkawinan tercatat dan perkawinan belum tercatat. Serta penerapan kebijakan contrarius actus dalam pelayanan dokumen kependudukan. 

Seminar dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Padang Pariaman, H. Syafrizal, S.Ag. Dalam agenda pembukaan Syafrizal didampingi oleh Kasi Bimas Irsyad, S.Ag, dan jajaran pengurus APRI Kabupaten Padang Pariaman. Dalam pesan pembukaan Syafrizal menyampaikan tentang peran KUA dan penghulu sesuai dengan perkembangan kehidupan dan masyarakat. 

Dalam kegiatan seminar, Ketua Pengadilan Agama Pariaman Annelka Yosihilma, SH, MH berkenan memaparkan materi terkait kepastian hukum dalam proses itsbat dan perceraian. Serta integrasi pelayanan bersama Disdukcapil Padang Pariaman melalui inovasi cermin hati.

Peserta seminar terdiri Kepala KUA se Kabupaten Padang Pariaman, penghulu se Kabupaten Padang Pariaman, dan penyuluh agama Islam se Kabupaten Padang Pariaman. Diakhir seminar dilaksanakan diskusi dan sesi foto bersama. ( FAA)

Tidak ada komentar

Mohon Berkomentar Dengan Bahasa Yang Sopan. Terima Kasih

Diberdayakan oleh Blogger.